Peristiwa

Video Kritik Kondisi Tempat Isolasi di Tambakrejo Sempat Viral, Ini Isinya…

Capture video permintaan maaf Taufik yang diunggah di media sosial Facebook

Bojonegoro (beritajatim.com) – Sebuah video berdurasi satu menit lebih 19 detik yang diunggah oleh pengguna media sosial Facebook milik Taufik sempat viral. Dalam video tersebut menunjukkan kondisi tempat isolasi atau shelter bagi pemudik yang baru datang minim fasilitas.

Shelter tersebut disediakan untuk mengisolasi warga yang baru pulang merantau sehingga diharapkan bisa memutus penyebaran Virus Corona atau Covid-19. Dalam isi video yang diunggah Jumat (17/4/2020) itu menunjukkan bahwa ruang isolasi masih minim fasilitas.

Mulai dari tidak ada tempat tidur, tidak disediakan makan bagi warga yang diisolasi serta antara laki-laki dan perempuan masih dalam satu ruang. Shelter tersebut berada di ruang kelas sekolah di Kecamatan Tambakrejo, Kabupaten Bojonegoro. Dalam video tersebut hanya ada lima orang.

“Ada empat orang dan satu perempuan istri saya. Tidak ada tempat tidur, makan juga tidak disediakan, kasur dan makan beli sendiri. Air ada untuk mandi, buat cuci tangan juga ada tapi di kamar mandi. Saya belum ada kasur, maupun bantal,” ujar Taufik dalam video yang sekarang sudah dihapus setelah viral.

Menyusul video tersebut viral, Taufik dihadapan Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah, Camat Tambakrejo Hari Kristianto, aparat penegak hukum baik TNI dan Polri serta masyarakat membuat video kembali berisi permintaan maaf dirinya. Video tersebut berdurasi 29 detik.

“Saya minta maaf atas viralnya video yang saya bikin, semoga rekan-rekan di Medsos menghapus (postingan) video kemarin. Khususnya bagi petugas yang ada di Tambakrejo saya mohon maaf,” ujar Taufik dalam video lain.

Setelah dikonfirmasi Camat Tambakrejo Hari Kristianto mengatakan video permintaan maaf dari Taufik tersebut bukan atas permintaan petugas. Hari menambahkan, yang terpenting saat ini shelter yang disediakan sudah siap. “Dan yang terpenting saat ini tidak perlu dipolemikkan lagi,” ujarnya, Senin (20/4/2020).

Saat ini pihaknya akan lebih fokus dalam memutus penyebaran dan penanganan Virus Corona. Pihaknya juga berpesan agar selalu mengkampanyekan tunda mudik untuk kebaikan dan keselamatan bersama. Sekadar diketahui, jumlah shelter yang disediakan di Kecamatan Tambakrejo sebanyak 17 tempat saat ini total sudah ada 105 orang yang diisolasi.

Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah juga tampak dalam video permintaan maaf yang diunggah Taufik. Namun, saat dikonfirmasi di Gedung Pusat Informasi Publik (PIP) menolak untuk berkomentar. [lus/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar