Peristiwa

Uang Rp 11 Juta Terbakar, Alquran Masih Utuh

Uang Pecahan Rp 50 Ribu yang terbakar

Jombang (beritajatim.com) – Rumah milik pasangan Nastain Setya Hariadi (40) dan Siti Fatichah (37) warga Desa Betek, Kecamatan Mojoagung, Jombang, terbakar, Selasa (28/1/2020). Sejumlah surat berharga ikut terbakar dalam peristiwa itu, termasuk uang pecahan Rp 50 ribuan yang berjumlah Rp 11 juta.

Uang dan surat-surat berharga tersebut disimpan dalam lemari. Saat kebakaran terjadi, lemari tersebut juga ikut hangus. Namun aneh, Alquran yang ada di lemari tersebut tidak ikut menjadi abu. Hanya bagian tepi kitab suci itu yang tersulut. Hanya gosong di bagian tepi.

Salah satu kerabat korban, Anisah (50) mengatakan, api hanya menjilat tepi halaman dari Alquran. Sedangkan bagian lainnya masih utuh. Padahal, Alquran itu berada di dalam lemari yang hangus terbakar berikut isi di dalamnya.

“Hanya bagian sampul dan sisi-sisinya saja yang hangus. Sedangkan bagian dalam Alquran masih utuh. Kalau lemari dan isinya sudah terbakar,” katanya sembari menunjukkan barang yang dimaksud.

Pemilik rumah, Nastain Setya Hariadi menceritakan, sebelum terjadi kebakaran, dia menyalakan obat nyamuk di kamar. Tak berselang lama, api membakar semua barang berharga miliknya yang ada di kamar. Barang yang terbakar di antaranya, baju seragam sekolah, surat-surat penting, dan uang tunai Rp 11 juta.

“Api kemumgkinan berasal dari obat nyamuk yang lupa saya matikan. Selain surat-surat penting, uang Rp 11 juta juga ikut hangus,” ujar Nastain.

Satu unit mobil PMK yang datang di lokasi kejadian, berhasil memadamkan si jago merah. Walhasil, apu tidak sampai merembet dan membakar seluruh bangunan. Api hanya melahap satu ruangan kamar.

“Satu unit mobil PMK kami turunkan. Beberapa saat kemudian, api berhasil kita padamkan, korban jiwa nihil. Untuk kerugian materiil masih dihitung,” kata Gunadi, Kasi Kesiapsiagaan Bencana BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Jombang. [suf/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar