Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Tim Ekskavasi BPCB Jatim Temukan Prasasti di Situs Gemekan

Tim menunjukkan bagian bata yang berprofil yang ditemukan di Gemekan yang terletak di Desa Gemekan, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto.

Mojokerto (beritajatim.com) – Tim Ekskavasi Badan Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur menemukan prasasti di Situs Gemekan yang terletak di Desa Gemekan, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto. Prasasti dengan tinggi 91 cm lebar 88 cm dan ketebalan 21 cm ditemukan di hari ketiga, Rabu (9/2/2022) kemarin.

Ketua Tim Ekskavasi Situs Gemekan, Muhammad Ichwan mengatakan, prasasti ditemukan di bagian sisi dalam bagian timur laut. “Saat ini, prasasti kami amankan di kantor BPCB Jawa Timur. Kami bisa memperlihatkan denah dari struktur yang ada di Situs Gemekan ini,” ungkapnya, Kamis (10/2/2022).

Masih kata Ichwan, Situs Gemekan tersebut merupakan candi dengan trah tangga ada di sisi timur. Prasasti memiliki tinggi 91 cm lebar 88 cm dan ketebalan 21 cm. Pihaknya akan mengundang ahlinya untuk membaca tulisan di prasasti yang berisi tulisan Jawa kuno.

“Biar ahlinya yang membaca biar lengkap. Ada beberapa yang sudah mencoba membaca apakah itu masa sebelum Majapahit? Pada umumnya candi itu berfungsi untuk pemujaan. Namun terkait untuk pendarmaan siapa, nanti semoga dari informasi prasasti itu bisa mengungkap itu,” katanya.

Menurutnya, dari prasasti yang ditemukan tersebut akan muncul informasi yang banyak. Baik penanggalan, siapa yang mengeluarkan prasasti tersebut, agama apa? Ichwan menjelaskan, jika dari sisi denah sudah kelihatan bentuknya.

“Di hari keempat, sudah diketahui sisi-sisi berapa lapis. Namun kami juga memperhatikan tanah halaman pada waktu itu, bisa kami perlihatan di sisi timur dan selatannya. Untuk dasarnya kurang lebih hampir 2 meter, namun kalau diperkirakan mepetnya lebih dangkal lagi. Nanti bisa dilihat di sisi selatan,” jelasnya.

Pihaknya menduga, Situs Gemekan merupakan batur karena bagian tubuh atap sudah tidak diketahui. Di hari keempat, Tim Ekskavasi mencoba menelusuri komponen yang ada di Situs Gemekan selain ditemukan prasasti di hari ketiga, Rabu kemarin.

“Apakah nanti ini dilengkapi pagar keliling, hari ini kami untuk membuka dari struktur ini. Apakah merupakan pagar? Hari ini, kami gali. Selain struktur, prasasti, hari ini kami mencoba untuk mencari pagar. Temuan lepas lainnya, ada fragmen benda gerabah, keramik dan juga ada bagian bata yang berprofil,” tuturnya

Ichwan menambahkan, diduga batu bata yang memiliki profil tersebut bagian dari struktur yang dulunya dulunya ada profilnya. Untuk prasasti yang ditemukan tersebut tinggal separuh bagian dengan tinggi 91 cm lebar 88 cm dan ketebalan 21 cm dan tulisan Jawa kuno.

“Biar ahlinya yang membaca, di sini teknis arkeologinya. Insya Allah sudah, kan kami targetnya yang ada di gundukan tanah dan sudah kita dapatkan. Ada indikasi struktur (sisi timur, red) yang membujur ke arah selatan, 50 cm sampai 60 cm,” pungkasnya. [tin/kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar