Peristiwa

Tanggul Jebol, Ratusan Rumah di Jombang Diterjang Banjir

Jombang (beritajatim.com) – Ratusan rumah di Jombang diterjang banjir, Jumat (28/2/2020). Rumah tersebut berada di dua desa, yakni Bandar Kedungmulyo dan Pucangsimo, Kecamatan Bandar Kedungmulyo. Banjir disebabkan meluapnya Sungai Brawijaya.

Salah satu warga, Nurkisam, mengatakan, banjir ini terjadi hampir setiap tahun. Itu karena Sungai Brawijaya meluber. Bahkan tanggul sungai tersebut jebol karena derasnya arus air.

“Debit air sejumlah sungai yang melintas di Kecamatan Bandar Kedungmulyo meningkat dan meluap menggenangi rumah-rumah warga. Ada tanggul sungai yang jebol,” kata Nurkisam sembari menunjukkan lokasi yang dimaksud.

Nurkisam berharap, Pemerintah berupaya memperbaiki tanggul sungai agar bencana tahunan ini tak terus terjadi. Sebab, luapan sungai ini sangat menganggu aktivitas warga. Bahkan, mengancam ribuan nyawa yang tinggal disepanjang bantaran sungai setempat.

Camat Bandar Kedungmulyo, Mahmudi, mengatakan, luapan air sungai tersebut sudah teratasi sementara dengan upaya kerja bakti warga menutup tanggul yang meluber itu. Luberan kemudian ditutup dengan tumpukan karung plastik yang diisi dengan pasir. [suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar