Peristiwa

Sehari, 5 Jenazah Warga Lamongan Dimakamkan Bersamaan

Lamongan (beritajatim.com) – Masyarakat Lamongan dikejutkan dengan kabar meninggalnya lima orang secara bersamaan di Kecamatan Paciran. Kelima orang yang meninggal tersebut lalu disalatkan dan dimakamkan secara bersama dalam satu waktu pada Senin (12/7/2021).

Camat Paciran, Yuli Wahyuono saat dikonfirmasi membenarkan kejadian meninggalnya lima orang warga tersebut. Pihaknya juga mengungkapkan bahwa masing-masing yang meninggal itu di antaranya 3 orang berasal dari Desa Paciran dan 2 orang lainnya dari Desa Sumurgayam.

Lebih lanjut, Camat Yuli mengatakan, kelima orang yang meninggal tersebut bukan disebabkan karena Covid-19. “Kelima jenazah tersebut dimakamkan seperti pada umumnya, karena tidak meninggal akibat Covid. Dari lima orang tersebut, tiga di antaranya sudah sepuh, dan dua lainnya karena memang sudah sakit lama,” ungkap Yuli, Selasa (13/7/2021).

Sementara itu, Andra Anshori selaku Sekretaris Desa Sumurgayam yang juga hadir saat prosesi pemakaman tersebut mengatakan, alasan diberlangsungkannya salat jenazah dan pemakaman ke 5 orang yang meninggal secara bersamaan ini karena waktunya juga bersamaan serta jarak antar lainnya yang cukup berdekatan.

“Kalau terkait itu, karena kemarin saya juga ikut menyalatkan. Sebenarnya itu bukan warga Sumurgayam saja. Warga Sumurgayam (Dusun Padeg) itu yang meninggal ada dua, sementara yang tiga itu warga Paciran. Berhubung bebarengan dan memang warga Paciran yang jaraknya dekat dengan wilayah sana, akhirnya (kelima jenazah) disalatkan dan dikuburkan di Dusun Padeg atau di lokasi yang sama,” terang Andra.

Andra menegaskan bahwa kelima warga yang meninggal ini tidak disebabkan karena Covid-19. “Insya Allah bukan sebab Covid. Kebanyakan karen sudah tua dan lainya karena sakit lama. Bahkan salah satunya ada yang umurnya sudah 115 tahun,” tutur Andra kepada beritajatim.com

Terakhir, Andra menambahkan, jenazah dari kelima warga tersebut secara bersamaan disalati di masjid yang berada di Dusun Padeg Desa Sumurgayam Kecamatan Paciran dan juga dimakamkan di TPU (Tempat Pemakaman Umum) dusun setempat.

Dari informasi yang dihimpun, kelima orang yang meninggal tersebut di antaranya bernama Fathur Rohman dan Manisah yang keduanya berasal dari Desa Sumurgayam Kecamatan Paciran. Lalu Muntadzirin, Fatanah, dan Arafah yang berasal dari Desa Paciran Kecamatan Paciran. [riq/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar