Peristiwa

Pabrik Furniture di Mojokerto Terbakar

Petugas PMK melakukan pemadaman dan pembasahan di gudang bagian produksi PT Java Furniture. [Foto: istimewa]

Mojokerto (beritajatim.com) – Bagian gudang produksi pabrik kayu di Dusun Gelatik, Desa Watesnegoro, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto, Senin (7/9/2020) ludes terbakar. Sebanyak tujuh unit mobil pemadam kebakaran (PMK) diterjunkan ke gudang PT Java Furniture.

Asap hitam pekat terlihat membumbung tinggi di atas langit gudang pabrik furniture. Api dengan cepat membakar gudang produksi yang berisikan material kayu. Relawan LPBI-NU Kabupaten Mojokerto, Raffly Setya Budi mengatakan, pihaknya mendapatkan laporan kebakaran di PT Java Furniture sekitar pukul 15.00 WIB.

“Saat kejadian masih ada aktivitas pekerja, berawal dari kabel blower ada percikan api. Lalu api semakin besar karena banyak bahan kimia seperti thiner,” ungkapnya.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto, Muhammad Zaini menambahkan, kebakaran terjadi karena overhead pada bagian mesin pemanas (blower). “Dari mesin blower timbul percikan api dan membakar bahan mudah terbakar (furniture) bahan kayu,” jelasnya.

Zaini mengungkapkan bahwa di bagian mesin blower tersebut terjadi ledakan yang menyebabkan api membakar gudang produksi. Sedikitnya tujuh unit mobil PMK diterjunkan ke lokasi kebakaran untuk melakukan pemadaman. Area yang terbakar 80 meterĀ².

“Api baru berhasil dipadamkan sekira pukul 18.15 WIB. Untuk penyebab kebakaran masih dilakukan penyelidikan, namun kebakaran diduga karena mesin blower timbul percikan-percikan api karena overhead. Dari situ membakar isi gudang bagian produksi,” pungkasnya. [tin/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar