Peristiwa

Nelayan Tuban Dapat Masker Gratis

Tuban (beritajatim.com) – Guna meningkatkan kewaspadaan dan sebagai antiisipasi penyebaran Covid-19, tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tuban membagikan makser secara gratis, Senin (20/4/2020).

Pembagian masker kali ini menyisir para nelayan serta para penjual ikan yang berada di Pusat Pelelangan Ikan (PPI) di Desa Bulu, Kecamatan Bancar. Diharapkan para nelayan dan juga pedagang ikan yang ada di PPI tersebut selalu menggunakan masker saat beraktifitas.

Pembagian masker itu dipimpin Komandan Kodim 0811 Tuban Letkol. Inf. Viliala Romadlon dengan diikuti Kepala Dinas Perikanan Tuban dan juga Forkopimka Bancar. Dandim 0811 Tuban merupakan sebagai Wakil Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

“Maksud dari kegiatan ini untuk menyosialisasikan dan menyadarkan masyarakat dalam penggunaan masker sebagai upaya mencegah dan memutus penyebaran Covid-19 di wilayah Kabupaten Tuban,” terang Letkol. Inf. Viliala Romadlon.

Dalam kesempatan itu, selain membagikan masker ia juga mengimbau para nelayan dan seluruh pedagang ikan yang ada di PPI Bulu khususnya, dan masyarakat Bancar pada umumnya, untuk mengetahui ancaman covid 19 yang sangat berbahaya. Pasalnya selama ini masih banyak warga yang belum memakai masker. “Jika saya amati, warga sekitar Kecamatan Bancar ini jarang memakai masker,” terangnya.

Menurutnya, penggunaan masker adalah bagian dari ikhtiar bersama mencegah penyebaran Covid-19. Selain itu juga masyarakat diharapkan dapat mematuhi Physical Distancing atau jaga jarak fisik, sering mencuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir, dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat, terutama di kawasan pelelangan Ikan.

“Mencegah adalah lebih baik dari pada mengobati, karena jika sampai terkena virus covid-19, biaya yang dikeluarkan lebih banyak. Alat bantu nafas harganya cukup mahal, bisa bernilai puluhan juta, oleh karena itu sebagai upaya mencegah penularan Covid adalah dengan penggunaan masker di saat kita beraktivitas di luar rumah dan bertemu dengan orang banyak,” pungkasnya. [mut/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar