Iklan Banner Sukun
Peristiwa, Ragam

Lupus, Mengenang Kisah Romantis Ikonik Anak 80-an

(Foto: Album CD Lupus, wikipedia)

Surabaya (beritajatim.com) – Sebagain besar dari anda mungkin tidak akrab dengan Lupus. Atau mungkin tidak pernah mendengar kata tersebut sama sekali. Lupus yang satu ini bukanlah nama sebuah penyakit namun, nama seorang tokoh fiktif yang sangat populer di tahun 80-an.

Kisah lupus ini berawal dari cerpen karya Hilman Hariwijaya di majalah Hai dan dibukukan menjadi novel yang laku keras pada era tahun 80-an. Dengan gaya yang khas dan karakter-karakter pendukung yang kuat, kisahnya selalu menarik untuk diikuti.

Lupus sendiri merupakan karakter seorang pelajar SMA Merah Putih. Lupus adalah siswa yang aktif menulis sebagai wartawan sebuah majalah, dia memiliki ciri khas senang mengunyah permen karet.

Karakter lupus ini juga cuek, dan sangat jahil. Bahkan, kejahilannya ini lebih bernada humor daripada menyakiti dan berniat jahat. Ditampilkan kejahilan Lupus dalam menjalani hidup sehari-hari, baik saat di rumah, sekolah maupun di jalanan.

Sifat-sifat inilah yang bisa dianggap mewakili remaja pada era 80-an. Karakter Lupus punya seorang adik bernama Lulu. Dia tinggal bersama sang Mami yang bernama Anita. Sang Papi yang bernama Mulyadi, telah meninggal saat Lupus masih kelas 1 SMA.

Lupus memiliki teman-teman seperti Boim, Gusur, Anto, Aji, Fifi Alone, Adi Darwis, Gito teman masa dewasanya. Ada juga nama Iko-iko, Pepno, Happy, Uwi, dan masih banyak lagi yang menjadi teman masa kanak-kanak hingga teman masa remajanya.

Cerita Lupus ini cukup sukses hingga dialihwahanakan menjadi sebuah film. Lalu, kisah ini juga dibukukan menjadi sebuah novel yang laku keras diera tahun 80an. Novel Lupus pernah difilmkan dengan pemerannya adalah aktor Ryan Hidayat.

Ryan Hidayat dianggap sebagai aktor yang paling sukses memerankan tokoh Lupus. Selain itu, Lupus juga pernah dijadikan serial di Indosiar dengan pemeran Oka Sugawa.

Cerita yang diangkat dari kisah Lupus adalah tentang masa pubertas yang dialami oleh tokoh Lupus dan kawan-kawannya. Model rambut jambul Lupus yang meniru penampilan bassist band Duran Duran, John Taylor, juga menjadi tren anak muda di masa tahun 80an.

Lupus ini juga mengangkat latar sosial budaya dalam cerita mengenai pola hidup dan beberapa kebiasaan masyarakat kota. Novel Lupus bahkan menjadi novel remaja yang memiliki nilai-nilai kekeluargaan yang besar.

Sebab tokoh-tokoh yang terlibat didalamnya mengalami perubahan psikologis akibat perkembangan usia. Itulah sekelumit kenangan anak tahun 80an yang begitu melekat. [dan/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar