Peristiwa

Kebacut! Pasutri Ini ‘Nge-prank’ PMI Jember Donasi Rp 16 M

Acara simbolis penyerahan bantuan untuk PMI Jember dan PMI Jawa Timur oleh pasutri HW dan RH

Jember (beritajatim.com) – Palang Merah Indonesia Kabupaten Jember, Jawa Timur, kena ‘prank’ sepasang suami istri. Pasutri itu berjanji memberikan donasi Rp 16 miliar pada 2019, tapi ternyata hingga saat ini nihil.

Cerita soal bantuan Rp 16 miliar untuk PMI Jember ini menjadi viral. “Padahal hingga saat ini bantuan dana tersebut tak terealisasi,” kata Ketua PMI Jember Zaenal Marzuki, dalam siaran pers, Sabtu (18/7/2020).

Menurut siaran pers yang dilansir Humas PMI Jember, pasutri itu berinisial HW dan RH. Mereka mengaku pengusaha tambang di Papua dan memiliki 300 hotel berkelas diberbagai negara. “Bahkan mereka akan membangun hotel mewah di Jember. Hal itu disampaikan pada saat ramah tamah dengan pengurus PMI kabupaten Jember,” kata Humas PMI Jember Gufron Evian Efendi.

Ramah tamah dengan pengurus PMI Jember ini dilakukan pada pertengahan Oktober 2019. Saat itu, pasangan suami istri tersebut mengaku mendengar langsung tentang terobosan-terobosan PMI Kabupaten Jember dari Ketua PMI Provinsi Jawa Timur Imam Utomo. “Mereka juga membaca inovasi-inovasi PMI Jember dari media massa,” kata Gufron.

Di sanalah kemudian tercetus pernyataan bahwa pasangan suami istri ini akan menyumbangkan dana Rp 16 miliar kepada PMI Jember. Kebetulan PMI Jember tengah menggelar serangkaian kegiatan peringatan Hari Sukarelawan PMI. “Dana itu katanya ditujukan untuk pengembangan organisasi dan rencana pembangunan rumah sakit emergency PMI Jember,” kata Gufron.

Setelah pertemuan itu, Ketua PMI Jember Zaenal Marzuki melakukan komunikasi intensif via sambungan telepon dan WhatsApp dengan HW. Menurut Gufron, HW berencana akan menyerahkan bantuan dana Rp 16 miliar secara simbolis kepada pengurus PMI kabupaten Jember dan Rp 200 miliar kepada pengurus PMI Provinsi Jawa saat pembukaan dialog nasional yang menggagas tema Peran Pemerintah Daerah dalam Produktivitas PMI, Jumat (6/12/2019).

“Bahkan Penandatanganan memorandum of understanding dana hibah antara PMI Jember sebagai penerima dan dengan PT. DEC sebagai pemberi bantuan dana dengan disaksikan bupati Jember dan Ketua PMI Jawa Timur Imam Utomo S serta di hadapan peserta delegasi dari berbagai daerah di Pendapa Wahyawibawagraha,” kata Gufron. HW dan istrinya juga menjadi tamu istimewa dalam upacara peringatan Hari Sukarelawan PMI tingkat Jawa Timur di alun-alun Jember, Sabtu (7/12/2019).

PMI dengan HW masih berkomunikasi aktif hingga Februari 2020. “PMI Jember sempat dimintai gambar bangunan klinik dan rumah sakit, dan sempat dibentuk panitia pembangunan,” kata Gufron.

Namun bantuan tak juga terealisasi. “Mulai Maret kami tudak mau terforsir bantuan itu. Kami terfokus pada program lainnya,” kata Gufron.

PMI Jember sudah melaporkan hal ini ke pengurus pusat PMI. “Mereka langsung melacak keberadaan pasutri tersebut,” kata Gufron. [wir/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar