Peristiwa

Ini Penyebab Banjir dan Longsor di Kabupaten Magetan

Sisa Banjir di Magetan

Magetan (beritajatim.com) – Kepala Pelaksana (Kalaksan) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magetan Ari Budi Santoso mengungkapkan, penyebab banjir yang terjadi disejumlah wilayah Magetan dikarenakan pengaruh bencana hidrometeorologi.

“Dampak utama dari bencana hidrometeorologi ke cuaca atau iklim di Indonesia yakni timbulnya peningkatan curah hujan,” jelas Ari saat dikonfirmasi melalui whatsapp, Rabu (17/3/2021).

Ia menambahkan, curah hujan dengan intensitas tinggi yang menyebabkan saluran air tidak menampung debit air yang tinggi. Sehingga meluap ke pemukiman warga.

“Kalau melihat kondisinya, penyebab banjir karena hujan intensitas tinggi sehingga debit air di sungai naik, hingga meluap ke pemukiman warga,” papar Kalaksa.

Sisa Banjir di Magetan

ia mengatakan, akibat banjir aktifitas masyarakat Kabupaten Magetan terutama di wilayah terdampak terganggu, karena ada beberapa jembatan yang putus. “Ada dua jembatan yang putus, karena banjir ini menganggu situasi,” ujarnya.

Petugas di lapangan hingga kini masih melakukan pendataan jumlah rumah rusak akibat banjir dan tanah longsor. “Saat ini tim BPBD dibantu TNI dan Polri terus melakukan pendataan dan membantu warga proses pemulihan,” pungkasnya.(asg/ted)



Apa Reaksi Anda?

Komentar