Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Hujan Intensitas Tinggi, Alun-alun Pacitan Tergenang Banjir

Keadaan jalan di sudut Alun-alun Pacitan yang tergenang air. (Foto/Suci Oktavia For Beritajatim.com)

Pacitan (beritajatim.com) – Jalanan di seputaran Alun-alun Kabupaten Pacitan pada hari Senin (26/9) siang tergenang air.

Genangan air itu, berasal dari luapan air sungai kecil/sungai kecil yang ada di sekitar jalan. Ya, sejak Senin dini hari, Kabupaten Pacitan di area kota memang diguyur hujan. Awal mulanya hujannya gerimis, namun intensitasnya naik menjadi deras saat pagi harinya.

“Hujannya sejak tadi malam, cuma derasnya baru tadi pagi,” kata salah satu warga Pacitan, Suci Oktavia, Senin siang.

Banjir mulai meluap ke jalan mulai pukul 10.00 WIB. Menurut Suci, yang terdampak banjir ini hanya di sekitar kota saja. Diperkirakan selain hujan yang cukup tinggi, meluapnya air di selokan di daerah Pacitan Kota itu,ditengarai oleh sungainya yang mengalami pendangkalan.

“Di Kelurahan Pucang Sewu sudah langganan, selokannya mengalami pendangkalan,” katanya.

Sementara itu Kalaksa BPBD Pacitan, Erwin Andriatmoko mengungkapkan bahwa luapan air yang menggenangi jalanan di seputaran Pacitan kota saat ini sudah mulai surut. Sebelumnya, luapan air hampir merata di jalanan kota.

“Intensitas hujan mulai pagi tadi hingga siang tinggi, namun ini sudah mulai mereda,” katanya.

Luapan air di selokan-selokan ini, kata Erwin karena permukaan air laut yang naik. Sehingga air hujan yang berada di selokan itu belum bisa langsung masuk laut. Menurutnya, pas hari ini perlu waktu, tadi setelah intensitas hujan mereda, air yang menggenangi jalan sudah mulai surut.

“Permukaan air laut naik, jadi tidak bisa langsung mengalir ke laut. Saat hujan sudah mulai mereda, luapan air yang ada di jalan juga mulai surut. Saat ini masih ada sedikit yang banjir, di daerah barat Pacitan Kota,” pungkasnya. (end/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar