Peristiwa

Gegerkan Tuban, Buaya Peliharaan Warga Lepas Dekat Puskesmas

Sejumlah warga yang tinggal di kawasan Dusun Bedrek, Desa Selogabus, Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban digegerkan dengan adanya seekor buaya yang berkeliaran dan masuk ke dalam saluran air depan Puskesmas Ponco, jalan raya Ponco-Bojonegoro, Kecamatan Parengan, Tuban, Selasa (31/8/2021) siang.

Tuban (beritajatim.com) – Sejumlah warga yang tinggal di kawasan Dusun Bedrek, Desa Selogabus, Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban digegerkan dengan adanya seekor buaya yang berkeliaran dan masuk ke dalam saluran air depan Puskesmas Ponco, jalan raya Ponco-Bojonegoro, Kecamatan Parengan, Tuban, Selasa (31/8/2021) siang.

Beruntung lepasnya buaya dengan ukuran lumayan besar tersebut tidak sampai mengakibatkan korban jiwa. Setelah ramai menjadi tontonan warga, buaya darat tersebut keluar dari dalam saluran air yang tertutup dan kemudian berhasil ditangkap dan kemudian dibawa oleh pemiliknya.

Dari sejumlah informasi yang dihimpun beritajatim.com, munculnya buaya dengan ukuran panjang sekitar 2 meter itu pertama kali diketahui oleh seorang staf dari Puskesmas Ponco, Kecamatan Parengan, Tuban. Yang mana saat itu di Puskesmas Ponco sedang dilakukan vaksinasi untuk warga setempat.

“Pertama kali buaya itu diketahui oleh Susi, salah satu staf Puskemas Ponco yang saat itu berada di halaman puskesmas. Pada saat pertama kali diketahui buaya itu sudah berada di selokan depan puskesmas,” terang IPTU Gunadi, Kapolsek Parengan, Polres Tuban.

Mengetahui ada buaya yang masih hidup tersebut, petugas puskesmas langsung memberitahukan kepada teman-temannya yang ada di tempat tersebut. Selanjutnya, sejumlah pegawai puskesmas dan juga warga berusaha mengusir buaya tersebut supaya pergi dan tidak keluar dari dalam selokan.

Sejumlah warga yang mengetahui adanya buaya tersebut langsung melaporkan kejadian itu kepada pihak kepolisian Polsek Parengan, Satpol PP Kecamatan Parengan dan juga Koramil. Petugas kemudian melakukan evakuasi buaya tersebut bersama dengan sejumlah warga dan juga pemilik buaya tersebut.

“Buaya tersebut diketahui milik Haikal, warga Selogabus, Kecamatan Parengan, Tuban. Yang mana dari keterangan buaya tersebut sudah lepas sejak sekitar satu minggu yang lalu,” tambah Kapolsek Parengan saat dikonfirmasi terkait lepasnya buaya tersebut.

Sejumlah warga yang tinggal di kawasan Dusun Bedrek, Desa Selogabus, Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban digegerkan dengan adanya seekor buaya yang berkeliaran dan masuk ke dalam saluran air depan Puskesmas Ponco, jalan raya Ponco-Bojonegoro, Kecamatan Parengan, Tuban, Selasa (31/8/2021) siang.

 

Sementara itu, setelah berhasil ditangkap buaya tersebut kemudian langsung dievakuasi dan dibawa pulang oleh pemiliknya. Petugas kepolisian sendirian masih melakukan penyelidikan lebih lanjut untuk mengetahui kenapa binatang berbahaya itu bisa terlepas dan berkeliaran.

“Untuk proses evakuasi buaya tersebut berjalan lancar. Buaya tersebut belum mempunyai surat konservasi dari Balai Konservasi Sumberdaya Alam (BKSD) Bojonegoro,” pungkasnya.[mut/ted]


Apa Reaksi Anda?

Komentar