Peristiwa

Geger di Tuban, Pohon Tua di Kuburan Terbakar saat Malam Takbiran

Tuban (beritajatim.com) – Sejumlah warga yang tinggal di sekitar kuburan Dusun Morosemo, Desa Sumberagung, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban pada malam Takbiran Hari Raya Idul Adha 1441 H digegerkan dengan kejadian pohon besar yang ada di dalam makam desa tersebut diketahui tiba-tiba sudah terbakar hebat.

Mengetahui hal tersebut sejumlah warga yang rumahnnya berdekatan dengan makam dan pohon tua yang terbakar pada bagian atasnya itu langsung geger dan berusaha untuk memadamkan api. Namun, warga kesulitan untuk memadamkan api yang membakar pohon besar itu dan kemudian melaporkan kejadian itu kepada PMK dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban, Jumat (31/7/2020).

Data yang dihimpun beritajatim.com, peristiwa kebakaran pohon berukuran besar yang ada di dalam Makam Umum itu pertama kali diketahui oleh Kepala Dusun (Kadus) Morosemo, Desa Sumberagung, Kecamatan Plumpang. Yang mana saat itu perangkat desa tersebut masih belum tidur dan keluar rumah.

“Kejadian kebakaran itu diketahui sekitar pukul 00.10 Wib tadi. Waktu Kadus mengetahui ada pohon yang kebakaran itu langsung mengerahkan warga untuk berusaha memadamkan api,” terang Yudi Irwanto, Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban.

Sejumlah warga yang tinggal di sekitar makam tersebut langsung berjibaku untuk memadamkan api di pohon tua keramat tersebut tetapi tidak berhasil. Bahkan api semakin besar dan dengan cepat merembet ke bagian atas pohon dengan membakar ranting-rantingnya.

Mengingat pohon tersebut juga dekat dengan rumah-rumah warga dan juga banyak pepohonan di sekitar makam tersebut warga khawatir jika kebakaran itu sampai semakin membesar dan merembet ke pemukiman. Selanjutnya perangkat desa tersebut kemudian menghubungi BPBD Tuban untuk bantuan pemadaman kebakaran pohon besar itu.

“Karena api memang terlalu besar dan sulit di padamkan oleh warga setempat. Setelah dapat laporan langsung itu tim melakukan pemadaman, penguraian dan pembasahan di lokasi kebakaran dengan menggunakan 2 truk pemadam dan 1 tanki suplay,” tambah Yudi Irwanto.

Sementara itu, petugas pemadam dari PMK BPBD Tuban itu berhasil memadamkan api yang membakar pohon tua tersebut sekitar 2 jam. Diduga api yang membakar pohon tua itu berasal dari sampah yang di bakar di bawah pohon pada saat warga bersih-bersih kuburan pada sore hari dan di tinggal, sehingga menyebabkan pohon tersebut terbakar. [mut/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar