Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Dampak Rob di Tuban, Pagar Pabrik Tempe dan Kandang Ayam Ambruk

Kondisi bangunan pagar pabrik Tempe di Kelurahan Sukolilo, Kota Tuban yang ambruk terkena Rob.[foto: M Muthohar/beritajatim.com]

Tuban (beritajatim.com) – Dampak terjadinya cuaca buruk berupa gelombang tinggi yang mengakibatkan banjir Rob di wilayah pesisir Kabupaten Tuban menyebabkan kerusakan terhadap sejumlah bangunan milik warga, Selasa (24/5/2022).

Sedikitnya ada dua bangunan yang ambruk milik warga yang tinggal di kawasan pesisir Gang VII, Kelurahab Latsari, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban. Hingga kini belum ada perhatian sama sekali dari pihak Pemerintah Kabupaten Tuban atas terjadinya bencana alam tersebut.

Dari data yang dihimpun beritajatim.com di lapangan, dua bangunan yang ambruk akibat diterjang gelombang tinggi itu diketahui milik Hasan dan milik Bambang yang merupakan warga Kelurahan Sukolilo, Kota Tuban itu. Yang mana warga tidak menyangka jika keberadaan gelombang di laut utara Tuban itu bisa sampai merusak beberapa bangunan.

“Ini ombaknya tidak seperti biasa mas. Ketinggian ombaknya bisa sampai lebih dari tiga meter,” terang Bambang (38), salah satu korban warga Kelurahan Sukolilo, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban.

Kondisi tembok pagar belakang bangunan yang merupakan tempat produksi tempe itu milik Hasan tersebut kondisinya ambruk rata dengan tanah. Belasan meter pagar bangunan yang langsung berbatasan dengan laut lepas itu ambruk setelah diterjang gelombang tinggi kemarin siang. “Sampai dengan pagi ini di sini belum ada penanganan sama sekali dari pihak pemerintah,” sambung Bambang.

Akibat Rob kandang ayam milik warga Kelurahan Sukolilo, Kec Tuban, Kabupaten Tuban ambruk.[foto: M Muthohar/beritajatim.com)
Adapun untuk bangunan milik Bambang yang mengalami kerusakan merupakan kandang ayam yang ada di belakang rumahnya. Yang mana kondisi kandang ayam Jago tersebut ambruk setelah terjangan gelombang pasang dari air laut tersebut.

“Ini kemarin ada ayamnya sekitar 20 ekor ayam Jago semua, langsung ambruk kena ombak besar itu. Untungnya ayamnya tidak sampai ada yang mati dan ini sudah saya pindahkan,” lanjut Bambang.

Sementara itu, dengan kondisi gelombang yang masih tinggi membuat sejumlah warga yang ada di kawasan pesisir itu mengaku cemas. Pasalnya warga khawatir jika gelombang tinggi itu masih terus terjadi dan mengancam keberadaan rumah-rumah warga yang ada di kawasan pesisir tersebut.

Seperti diberitakan sebelumnya, banjir Rob akibat cuaca buruk gelombang besar terjadi di kawasan pesisir Kabupaten Tuban. Banjir dari air laut yang pasang mengakibatkan ratusan rumah warga yang ada di beberapa kecamatan di Tuban itu tergenang air laut dengan kedalaman hingga mencapai 50 centimeter.[mut/kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar