Peristiwa

BMKG: Indonesia Hadapi Tiga Fenomena Alam

Surabaya (beritajatim.com) – BMKG sebut Indonesia sepekan ini menghadapi tiga fenomena alam. Yakni Bediding, Aphelion dan Angin Timur yang membawa suhu dingin dari udara Australia yang masuk musim dingin.

Tiga fenomena alam ini akan dirasakan selama sepekan di pekan kedua bulan Juli 2021. Yakni dari tanggal 5 Juli. BMKG menyebutkan ada dua hari yang dirasakan berbeda.

 

Arif Wiyono, Prakirawan Perak Maritim Surabaya menyebutkan, dua hari itu yakni tanggal 5 dan 6 Juli 2021 ada fenomena alam Aphelion. Sedangkan awal Juli ini fenomena alam pancaroba yang disebut fenomena bediding juga sudah terasa.

“Yang ketiga yakni Angin Timur. Angin Timur ini membawa udara dari Benua Australia yang sudah masuk musim dingin. Artinya tiga fenomena di pekan ini akan terasa membuat kontrasi adaptasi tubuh menjadi ekstream,” jelasnya kepada beritajatim.com, Rabu (7/7/2021).

Karena kontrasi adaptasi tubuh yang besar akibat tiga fenomena alam, maka memungkinkan kondisi tubuh juga terpengaruh. Menurut medis, jika kondisi tubuh tidak sehat, maka kontrasi sepekan ini akan lebih terasa. Bahkan bisa membuat sakit.

“Ya karena tiga fenomena alam berbeda dalam sepekan tubuh bisa dibilang kaget. Maka jaga kesehatan dan banyak konsumsi vitamin biar tubuh makin kuat menghadapi tiga fenomena sepekan ini,” lanjut Arif.

Lebih lanjut Arief memaparkan, fenomena Bediding dan Angin Timur akan terasa cukup lama yakni dua bulan kedepan. Bahkan Angin Timur akan hilang dan berganti angin usai musim hujan kelak tiba. [man/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar