Iklan Banner Sukun
Peristiwa

2 Rumah di Paciran Lamongan Terbakar, Ibu dan Anak Tewas

Lamongan (beritajatim.com) – Dua unit rumah di Dusun Dengok, Desa Kandangsemangkon, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan mengalami kebakaran hebat pada Rabu (28/9/2022). Insiden itu menyebabkan dua korban jiwa yang merupakan ibu dan anak.

Camat Paciran, Agus Hendrawan mengatakan, dua bangunan rumah yang terbakar ini masing-masing milik Hanis Sri Lestari (42) dan Yudiono (40) di RT 001 RW 003, Dusun Dengok, Desa Kandangsemangkon, Kecamatan Paciran, Lamongan. Dua rumah tersebut terletak berdekatan.

“Ada dua korban jiwa, yakni Ibu Hanis dan anaknya Naja Oktavia (13), yang masih duduk di bangku 6 MI,” ujar Agus, Rabu (28/9/2022).


Dalam kesempatan yang sama, salah satu pemilik rumah yang juga saksi mata, Yudiono mengungkapkan, kebakaran ini bermula pukul pukul 02.24 WIB. Kala itu, ia sedang mandi untuk persiapan sholat malam.

Saat mandi itulah, Yudiono tiba-tiba dikagetkan dengan kemunculan kepulan asap disertai percikan api dari rumah Hanis. Rumah yang terbakar berada di sebelah utara rumah saksi.

“Waktu itu saya sedang mandi, selain untuk persiapan salat malam. Saya juga biasa mandi pada dini hari untuk terapi, karena sempat sakit stroke. Tiba-tiba saya melihat asap dan api di atas rumah Ibu Hanis,” ungkapnya.

Mengetahui ada kepulan asap dan api, Yudiono panik dan berusaha memberitahu korban Hanis. Ia berteriak dan berusaha untuk membangunkan korban. Ia juga membangunkan anaknya yang bernama Alvin Aril Saputra untuk keluar rumah.

“Saya berteriak dan berupaya memberi tahu kepada Ibu Hanis tapi tak ada respon karena mungkin sedang terlelap tidur. Saya bahkan beberapa kali menggedor rumahnya. Saya lalu berlari dan meminta tolong ke tetangga untuk memadamkan api dengan alat seadanya,” terangnya.

Lantaran kobaran api begitu cepat melahap bangunan rumah, Yudiono mengaku, upayanya dalam memadamkan api dengan peralatan seadanya itu tak menuai hasil manis. Api justru semakin membesar hingga akhirnya merobohkan 2 bangunan rumah milik Hanis dan Yudiono.

Lebih lanjut, warga juga melaporkan kebakaran ini kepada Damkar. “Pada pukul 04.15 WIB, Petugas Damkar tiba ke lokasi. Api baru bisa dipadamkan pada pukul 05.25 WIB namun Ibu Hanis dan anaknya Naja terjebak dan tak berhasil selamat,” tambahnya.

Secara terpisah, Kasi Humas Polres Lamongan, Ipda Anton Krisbiantoro mengatakan dua jenazah korban kebakaran sudah dievakuasi oleh Tim Medis dari Puskesmas Paciran. Dua jenazah tersebut kemudian dilakukan autopsi di RS dr. Suyudi Paciran.

“Korban Hanis dan anaknya Naja ditemukan sudah dalam keadaan meninggal dunia karena terbakar. Tim Inavis Polres Lamongan masih melakukan penyelidikan. Penyebab pastinya kita tunggu hasil penyelidikan nanti,” pungkas Anton. [riq/beq]


Apa Reaksi Anda?

Komentar