Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

UPN Veteran Surabaya Ajarkan Inovasi Media Pembelajaran Digital di Sidoarjo

Koordinator program pengabdian kepada masyarakat UPN Veteran Surabaya Dr. Endang Sholihatin, S.Pd., M.Pd

Sidoarjo (beritajatim.com) – Guna meningkatkan kompetensi guru dalam pembelajaran, tim pengabdian kepada masyarakat UPN Veteran Surabaya bekerja sama dengan SMPN 1 Balongbendo Sidoarjo memberikan pelatihan inovasi nedia pembelajaran berbasis Quizizz kepada guru-guru di SMPN 1 Balongbendo.

Tim pengabdian kepada masyarakat UPN Veteran Surabaya itu d iantaranya beranggotakan Arista Pratama, S.Kom, M.Kom, Dr. Endang Sholihatin, S.Pd., M.Pd., Prof. Dr. Indrawati Yuhertiana, M.S, serta beberapa dosen dan mahasiswa UPN Surabaya.

Dalam kegiatan tersebut, guru-guru tampak antusias dan bersemangat mengikuti kegiatan untuk meningkatkan kompetensinya dalam menggunakan media digital dalam pembelajaran.


Para guru menyadari mereka dituntut untuk mampu berinovasi dalam pembelajaran agar menarik dan siswa terus bersemangat dalam belajar. Terlebih di era adaptasi baru (new normal) setelah sekitar dua tahun ini, pembelajaran di Indonesia berlangsung daring akibat adanya pandemi Covid-19.

Menurut Koordinator program pengabdian kepada masyarakat UPN Veteran Surabaya Dr. Endang Sholihatin, S.Pd., M.Pd, dalam menyelenggarakan pendidikan harus mampu bersaing dengan sekolah-sekolah lain sehingga tidak ketinggalan informasi. Kemudian pembelajaran semakin meningkat kualitasnya, semakin merata, jadi tidak hanya yang di pusat-pusat saja dan perguruan tinggi saja.

“Meskipun di sekolah SMP juga bisa kita tingkatkan kualitasnya. Berdasarkan hal itu, tentu saja ada harapan besar untuk SMPN 1 Balongbendo Sidoarjo agar menjadi sekolah yang unggul,” katanya dalam rilis yang diterima beritajatim.com Jumat (3/6/2022).

Endang menjelaskan, penggunaan aplikasi Quizizz ini bukan berarti mengabaikan pembelajaran klasikal tetapi memberikan sentuhan digital sebagai wujud inovasi pembelajaran.

“Dengan Quizizz, pembelajaran berlangsung cepat dn efektif dalam pemberian soal dan juga melihat hasil yang diperoleh siswa. Soal bisa diacak secara cepat dan hasil nilai siswa juga langsung otomatis bisa dilihat setelah selesai mengerjakan soal,” jelas Dosen Bahasa Indonesia UPN Surabaya itu .

Masih kata Endang media Quizizz merupakan platform media untuk pembuatan kuis atau soal yang akan diberikan kepada siswa setelah melaksanakan pembelajaran. Dengan menggunakan inovasi tersebut, diharapkan proses pembelajaran berjalan efektif sehingga tercapai keberhasilan dalam pembelajaran.

“Media digital merupakan aplikasi online yang memudahkan guru atau pengguna dalam memasukkan beberapa dokumen atau link ke dalam satu wadah atau bundel yang kemudian aplikasi tersebut disebarkan kepada siswa.

Pada aplikasi ini memungkinkan guru mengkompilasi unggahan dari kanal youtube, materi di drive, website kemudian dimasukkan ke dalam aplikasi Quizizz. Tujuan dari aplikasi teknologi ini adalah memberi media inovatif yang terintegrasi.

Dengan memanfaatkan media tersebut, guru-guru dapat menggunakannya untuk pembuatan kuis atau soal yang akan diberikan kepada siswa setelah melaksanakan pembelajaran.

“Pada pelaksanaannya, link Quizizz dapat dibagikan melalui grup whatsapp sesuai kelas masing-masing. Siswa dapat antusias terhadap media yang digunakan karena merupakan media pembelajaran baru. Dengan begitu, penggunaan media pembelajaran online dengan Quizizz pada masa adaptasi baru seperti sekarang ini cukup efektif bermanfaat dalam menunjang pembelajaran,” jelasnya menutup. [isa/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Shin Tae Yong Puji Rumput Lapangan Thor Surabaya

Menjajal Mobil Listrik Wuling Air ev