Pendidikan & Kesehatan

Sekolah MAN 3 Gresik Tunggu Izin Kemenag

Foto ilustrasi

Gresik (beritajatim.com) – Jumlah sekolah madrasah aliyah (MA) di Kabupaten Gresik sangat minim. Saat ini, baru ada dua sekolah MAN. Untuk itu, Kemenag Gresik menambah lagi satu sekolah MAN 3 yang akan dibangun di Dahanrejo, Kebomas, Gresik.

Keberadaan sekolah MAN tersebut diharapkan bisa menampung siswa di wilayah perkotaan. Terlebih lagi, lahan hibah dari pemkab ke Kemenag Gresik sudah diserahterimakan.

Terkait dengan ini, Kemenag Gresik jauh-jauh hari sudah berkirim surat ke Kemenag pusat agar sekolah MAN 3 segera dibangun. Kebetulan, MAN baru itu rencananya akan mulai membuka pendaftaran siswa baru tahun 2021 ini.

Kepala Kemenag Gresik Markus menuturkan, sejauh ini pihaknya masih menunggu jawaban dari pusat. Sebab, untuk pendanaan pembangunan nantinya berasal dari Kemenag itu sendiri.

“Kami masih menunggu ada informasi lagi. Tapi kami berharap tahun ini bisa dibangun,” tuturnya, Minggu (31/01/2021).

Meski belum dibangun, Kemenag Gresik mengaku menyiapkan penerimaan siswa baru di MAN 3 Gresik. Tapi usulan itu belum mendapat keputusan dari pusat.

“Belum ada keputusan ini, apakah akan menerima siswa baru mulai sekarang atau tidak,” ungkap Markus.

Namun bila disetujui Kemenag pusat lanjut dia, tahun 2021 MAN 3 mulai menerima siswa baru. Informasinya para siswa akan dititipkan dulu. Roses belajar mengajar dilakukan di MAN 1 untuk sementara waktu.

Sementara Kasi Madrasah Kemenag Gresik Moh Nasim menambahkan, memang saat ini pihaknya tengah mengajukan ijin operasional MAN 3 ke pusat. Apabila ijin itu sudah sampai di Gresik. Maka realisasi MAN 3 langsung dikebut. Termasuk penerimaan siswa baru.

“Sampai sekarang izinnya belum turun. Tinggal nunggu waktu saja maka kami bisa segera membuka pendaftaran,” tandasnya. [dny/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar