Pendidikan & Kesehatan

Plt Kadindik Jatim Resmikan Masjid di SMAN 9 Surabaya

Plt Kadindik Jatim Wahid Wahyudi memotong pita tanda peresmian Masjid Al Maghfiroh SMA Negeri 9 Surabaya
Plt Kadindik Jatim Wahid Wahyudi memotong pita tanda peresmian Masjid Al Maghfiroh SMA Negeri 9 Surabaya

Surabaya (beritajatim.com) – Plt Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wahid Wahyudi optimistis keberadaan masjid di SMA Negeri 9 Surabaya memiliki dampak positif, terutama terkait pembangunan karakter siswa.

“Keberadaan masjid di lembaga pendidikan saya yakin sangat berdampak positif khususnya bagi pembangunan karakter siswa,” ujar Wahid usai meresmikan Masjid Al Maghfiroh di SMA Negeri 9 Surabaya, Selasa (11/4/2023).

Saat ini pembangunan masjid belum rampung secara total. Rencananya, masjid akan dibangun dua lantai. Sedangkan pembangunan baru selesai satu lantai saja.

“Memang ini belum selesai total, baru selesai satu lantai dari rencana dua lantai. Dari dua lantai itu, luas total 600 persegi lebih. Jika nanti sudah selesai maka lantai satu dikhususkan untuk jamaah putra, lantai dua jamaah putri,” jelas Wahid.

Di sisi masjid, lanjut Wahid, juga masih tersisa lantai yang bisa dimanfaatkan oleh para siswa mengerjakan tugas-tugas sekolah maupun berkumpul bersama teman di saat jam istirahat. Ia pun berharap masjid ini mampu memberikan dampak positif.

“Karena itu kami berharap sumbangsih para guru, tenaga kependidikan, orang tua siswa, termasuk saya untuk menuntaskan Masjid Al Maghfiroh ini sesuai rencana. Insya Allah tahun 2024 nanti sudah terselesaikan,” katanya.

Massa Tuntut Wahid Wahyudi Mundur dari Kadindik Jatim

Sementara itu, Luhur Dharmawan, Ketua Tim Pembangunan Masjid menyampaikan bahwa pembangunan masjid ini sempat terhenti akibat pandemi Covid-19. Kemudian, pada 8 April 2021 dibentuk ulang kepanitiaan untuk melanjutkan pembangunan.

“Pembentukan ulang panitia lanjutan pembangunan masjid beranggotakan guru, komite, dan alumni,” kata dia.

Di kesempatan sama, Kepala SMA Negeri 9 Surabaya Muhammad Fadloli menyampaikan rasa syukurnya atas rampungnya pembangunan lantai satu Masjid Al Maghfiroh. Ia berharap, ke depan dapat memakmurkan masjid tersebut.

“Rencana kami setelah ini, nanti kita aktifkan memakmurkan masjid dengan kegiatan-kegiatan sholat dhuha tiap hari, khotmil quran secara berkala, dan paling utama salat jamaahnya anak-anak. Seperti itu yang nanti kita canangkan ke depan,” pungkasnya. [ipl/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar