Pendidikan & Kesehatan

Konfirmasi Positif Covid di Universitas Jember Berasal dari Klaster Keluarga

Ketua Tim Tanggap Darurat Kesiapsiagaan Bencana Covid-19 (TTDKBC) Universitas Jember Ulfa Elfiah.

Jember (beritajatim.com) – Sebagian besar dari 76 orang warga Universitas Jember di Kabupaten Jember, Jawa Timur, terkonfirmasi Covid dari klaster keluarga.

“Setelah kami telusuri ternyata dari klaster keluarga, dari anak, cucu, tetangga. Itu kemudian kami anggap sebagai kasus baru di luar Unej. Tapi karena dia bagian dari Unej, walau mendapatkan (tertular penyakit) dari luar, kami bantu untuk pengawasan medis,” kata Ketua Tim Tanggap Darurat Kesiapsiagaan Bencana Covid-19 (TTDKBC) Universitas Jember Ulfa Elfiah.

Bahkanm menurut Ulfa, jika warga tersebut membutuhkan tempat isolasi mandiri yang layak, Unej menyediakan asrama Pendidikan Guru Sekolah Dasar sebagai gedung isolasi. Namun sejauh ini penambahan warga yang terkonfirmasi Covid tidak terlalu banyak. “Minggu kemarin hanya dua tiga orang,” katanya.

Penambahan kasus Covid warga Unej mengikuti tren perkembangan pandemi di luar kampus. “Ada yang sebagai kontak erat, setelah kita tracing dan isolasi, hasilnya negatif,” kata Ulfa.

Ulfa mengatakan, Unej menerapkan protokol kesehatan ketat. “Pertama, bila ada orang bukan warga Unej (yang hendak beraktivitas di area kampus), maka diwajibkan membawa surat bukti dilakukannya tes antigen atau swab PCR,” katanya.

Selain itu, orang tersebut harus memberitahu lokasi di wilayah Unej yang hendak dituju. “Kami sudah berkoordinasi beberapa pimpinan fakultas dan merekomendasikan agar orang yang mau datang ke kampus untuk berkoordinasi kebutuhan dan kepentingannya apa. Ketika sudah mendapatkan izin, ketika sampai di tempat tujuan akan dilakukan pemeriksaan secara ketat, mulai dari pemeriksaan suhu, pemakaian masker secara benar, dan pengaturan jarak. Misalnya mahasiswa yang akan melakukan cap tiga jari (ijazah), ada protokol yang harus dilalui. Jadi tidak langsung kontak dengan petugas,” kata Ulfa. [wir/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar