Pendidikan & Kesehatan

Komunitas Brang Wetan Pilih 8 Pelajar Sebagai Duta Toleransi Sidoarjo

Sidoarjo (beritajatim.com) – Komunitas Seni Brang Wetan Sidoarjo menggelar
diseminasi dan penyerahan penghargaan kepada delapan pelajar SMP dan SMA sederajat yang terpilih sebagai Duta Toleransi Sidoarjo, di gedung DPRD setempat, Rabu (28/4/2021).

Penyerahan penghargaan dilakukan oleh Ketua DPRD Sidoarjo H. Usman, Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sidoarjo Joko S.

Dikatakan Ketua Komunitas Seni Brang Wetan Sidoarjo, Henri Nurcahyo bahwa pemilihan Duta Toleransi diadakan untuk menanamkan nilai-nilai toleransi sejak dini pada generasi penerus bangsa di Sidoarjo.

Semuanya mengetahui iklim bertoleransi antar sesama di negara ini sedang tidak stabil. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya peristiwa konflik antar warga yang didasarkan dengan perbedaan masing-masing individu ataupun kelompok.

“Makanya kami berinisiatif menanamkan dan menumbuhkembangkan iklim toleransi ini sejak dini dari kalangan pelajar. Harapannya tentu agar mereka dapat menerapkan hal ini di setiap aspek kehidupan mereka, mulai dari lingkungan sekolah, keluarga, dan lain sebagainya,” katanya.

Selain penganugerahan kepada 8 pelajar yang terpilih sebagai Duta Toleransi, Komunitas Brang Wetan Sidoarjo juga melaporkan kegiatan selama setahun yang disusun dalam sebuah buku. Komunitas Brang Wetan juga berharap kegiatan yang dilakukan mendapatkan dukungan dari Pemkab Sidoarjo dan DPRD Sidoarjo.

Ada empat pelajar dari SMP dan empat pelajar dari SMA yang hari ini mendapatkan gelar duta toleransi itu. Masing-masing dari mereka mendapatkan piagam penghargaan dan uang pembinaan sebagai duta toleransi Sidoarjo.

Adapun keempat pelajar dari SMP yang dimaksud itu ialah, Evania Amara Nadya Putri sebagai juara satu asal SMPN 1 Gedangan, Rivaldi Satya yang mendapat juara kedua asal SMPN 1 Taman, Eka Rahmad Saputra yang menduduki juara ketiga asal SMPN 1 Sukodono, dan yang terakhir Pinknesia Rahma Fitanstyono sebagai juara harapan asal SMPN 1 Waru.

Sedangkan empat pelajar dari kategori SMA sederajat yang juga dianugerahi gelar duta toleransi Sidoarjo itu ialah, Debora Cindy Aulia sebagai juara pertama asal SMAN 1 Gedangan, M. Irsyad Maulana Fikri sebagai juara kedua asal MA Darul Ulum Waru, Diyah Ayu Amanda sebagai juara ketiga asal MA Bahauddin, dan yang terakhir Jolanda Martha Nur Avicha sebagai juara harapan asal SMA Jati Agung. [isa/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar