Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Kenapa Calon Pengantin Perlu Ikut Binwin, Ini Kata KUA Magetan

Magetan (beritajatim.com) – Kepala Kantor Urusan Agama Magetan H. M Fadlan menyebut bimbingan perkawinan (binwin) perlu untuk memberi edukasi kepada calon pengantin (catin) agar siap menghadapi perkawinan secara jasmani maupun rohani.

“Jadi sebelum mereka melakukan akad nikah mereka akan dibina untuk siap jadi bapak, dan siap jadi ibu. Materi yang disampaikan akan bermanfaat untuk mereka menjadi keluarga sakinah mawadah warahmah,” kata H. M Fadlan kepada beritajatim.com, Senin (20/9/2021).

Menurutnya, bimbingan perkawinan pra nikah itu cukup penting bagi seluruh pasangan calon pengantin. Dengan harapan seluruh pasangan calon pengantin benar-benar bisa memahami semua materi yang telah disampaikan itu dalam membangun rumah tangga. “Karena dalam membangun rumah tangga akan banyak dinamika, sehingga hal itu harus dipahami oleh pasangan calon pengantin,” katanya.

Selain itu, binwin dilakukan untuk mengedukasi dan bisa menekan angka perceraian. Berdasarkan data Dinas PPKB PP dan PA Kabupaten Magetan dalam rentang Januari hingga Agustus ada 630 kasus cerai gugat (59,7%) kasus sedangkan cerai talak ada 247 (23,4%) kasus. “Dengan adanya binwin ini diharapkan dapat membantu permasalahan utamanya perceraian. Mengingat selama pandemi yang cenderung meningkat,” katanya.

Menurut dia, Kemenag dan Dinas PPKB PP dan PA juga mengedukasi pencegahan perkawinan anak, penurunan stunting, sosialisasi pendidikan kesehatan reproduksi bagi remaja.

Fadlan menegaskan dengan berjalannya porgram ini, diharapkan dapat mewujudkan keluarga yang baik ke depannya dan akan melahirkan generasi yang terdidik dan terbina. “Untuk memberi bekal agar generasi yang dilahirkan terbina, terdidik agar tidak kehilangan karakter, ketaqwaan dan keimanannya,” tandasnya.(asg/kun)


Apa Reaksi Anda?

Komentar