Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Dinkes Nyatakan Kasus Cacar Monyet di Bangkalan Nihil

Ilustrasi penyakit cacar monyet dan penularannya. (Pixabay)

Bangkalan (beritajatim.com) – Dinas Kesehatan Kabupaten Bangkalan menyatakan hingga saat ini belum mendeteksi adanya kasus cacar monyet atau monkeypox. Wabah ini mulai menjadi perbincangan di dunia, termasuk di Indonesia.

Kepala Sie Surveilans dan Imunisasi Dinkes Bangkalan, Siska Damayanti menyebutkan, sampai saat ini di Bangkalan belum terdeteksi kasus cacar monyet atau monkeypox.

“Sampai saat ini masih belum ada laporan kasus cacar monyet. Jadi, ini merupakan bentuk kewaspadaan,” tegasnya, Rabu (31/8/2022).

Sementara, Dinkes telah menyiapkan langkah untuk mengantisipasi adanya kasus penularan cacar monyet. Siska menyatakan pihaknya sudah membuat edaran terhadap seluruh Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes) mulai dari puskesmas hingga rumah sakit daerah untuk memperketat surveilans aktif.

Artinya, setiap pasien atau masyarakat yang berobat di Fasyankes di tingkatan terbawah, yakni desa, jika ada kasus yang mengarah pada cacar monyet, agar dilakukan rujukan ke rumah sakit.

Selain itu, dia juga menjelaskan, agar masyarakat tidak terlalu khawatir terkait adanya cacar monyet.

“Cacar monyet ini sama halnya dengan cacar biasa, hanya saja etiologi atau penyebabnya belum diketahui, kalau yang dulu kayak cacar air dan campak, makanya kalau tingkat penanganannya lebih dini, insya Allah tingkat kesembuhannya juga lebih mudah,” tandasnya. [sar/beq]


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Shin Tae Yong Puji Rumput Lapangan Thor Surabaya

Menjajal Mobil Listrik Wuling Air ev