Olahraga

DPRD Jember Harapkan Ada Anggaran Kegiatan Olahraga Disablitas

Jember (beritajatim.com) – Komisi D DPRD Jember, Jawa Timur, meminta kepada Dinas Pemuda dan Olahraga agar memperhatikan anggaran kegiatan olahraga kaum penyandang disabilitas, dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2021.

“Partisipasi olahraga disabilitas di Jember cukup bagus. Saya berharap kepada Dinas Pemuda dan Olahraga agar ada alokasi anggaran khusus untuk kegiatan ini. Lebih-lebih Jember ini dalam kejuaraan olahraga disabilitas beberapa kali menyandang predikat juara,” kata Ketua Komisi D Hafidi.

Menurut Hafidi, prestasi tersebut seharusnya mendapat perhatian Pemerintah Kabupaten Jember. “Seperti apa bentuk perhatian itu? Selain memberikan program dan hal-hal lain, adakan komunikasi dengan komunitas ini, sehingga kita tahu apa yang dibutuhkan mereka. Penyediaan anggaran bagi penyandang disabilitas, khususnya dalam kegiatan olahraga, hukumnya wajib,” katanya.

Apalagi, lanjut Hafidi, Jember sudah memproklamikan diri sebagai kabupaten ramah disabilitas. “Kami minta ini jadi perhatian serius. Dalam waktu dekat, komunitas disablitas agar bisa diundang ke kantor Dinas Pemuda dan Olahraga, supaya ada komunikasi bagus,” katanya.

Ketua Komite Paralimpiade Nasional Indonesia Jember Kusbandono menghargai upaya Komisi D tersebut. “Kurang lebih tiga minggu lagi, kami telah mengajukan alokasi anggaran APBD 2021 kepada Pelaksana Tugas Bupati Jember Pak Kiai Muqiet Arief. Beliau juga telah memberi disposisi kepada Dinas Pemuda dan Olahraga untuk segera ditindaklanjuti,” katanya.

Kusbandono sudah berkomunikasi dengan Ketua DPRD Jember Itqon Syauqi dan Komisi D agar ikut memperjuangkan pengembangan olahraga disabilitas. “Saya baru saja pulang dari pelatihan pelatih olahraga disabilitas di Mojokerto. Kami mempersiapkan diri untuk ikutserta Pekan Paralimpiade Provinsi Jawa Timur I pada Maret 2021. Kontingen Jember insya allah akan mengirimkan atlet di empat cabang olahraga. Kami memerlukan dukungan dana besar,” katanya.

Selain itu, Komite Paralimpiade Nasional Indonesia Jember juga akan berpartisipasi dalam Pekan Paralimpiade Nasional di Papua pada November 2021. “Mudah-mudahan ada satu atlet Jember untuk mewalili Jatim. Agenda tersebut juga membutuhkan dukungan dana,” kata Kusbandono, Kamis (19/11/2020). [wir/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar