Iklan Banner Sukun
Hukum & Kriminal

Sidang Kasus Pencabulan Santriwati Jombang, Jaksa Hadirkan 6 Saksi

Moch Subchi Azal Tzani alias Mas Bechi anak kiai Jombang menjalani sidang kasus dugaan pencabulan.

Surabaya (beritajatim.com) – Jaksa Penuntut Umum (JPU) mendatangkan enam saksi dalam sidang lanjutan kasus dugaan pemerkosaan santriwati sebuah ponpes di Jombang, di Ruang Sidang Cakra, Kantor PN Surabaya, Senin (22/8/2022).

Waktu paruh sidang, baru satu saksi yang diperiksa. Saksi berikutnya akan diperiksa usai break istirahat.

“Ini sidang diskors nanti kita menghadirkan lagi, ada 5 saksi yang kita hadirkan. Saksi yang mengetahui, mendengar dan melihat sendiri. Hari ini, mudah-mudahan bisa selesai,” ujarnya di lorong Kantor PN Surabaya.


Mengenai kualifikasi saksi yang dihadirkan dalam sidang tersebut. Firdaus mengklaim, mereka merupakan saksi yang mendengar, melihat dan mengetahui adanya peristiwa yang didakwakan.

“(Yang disampaikan) Lancar tegas, apa yang dia alami, dia dengar dan sampaikan. Ini saksi ke empat,” pungkasnya.

Sementara itu, Penasehat Hukum (PH) terdakwa I Gede Pasek Suardika memperkirakan, para saksi yang dihadirkan tadi dan nanti memiliki kualifikasi yang sama seperti saksi-saksi yang telah disidangkan sebelumnya.

Baca Juga:

    Yakni, bagi I Gede Pasek, adalah saksi yang tidak mengalami langsung peristiwa yang didakwakan. Melainkan hanya mendengar cerita atas peristiwa yang didakwakan tersebut, dari pihak lain. Atau disebut sebagai dalam KUHP sebagai saksi Testimonium de auditu.

    “Secara kualifikasi saksinya hampir sama dengan saksi sebelum. Artinya dia tidak mendengar atau melihat peristiwa langsung yang didakwakan,” ujar I Gede Pasek, di depan pintu Ruang Sidang Cakra Kantor PN Surabaya.

    Sekadar diketahui, sidang kali ini dipimpin oleh Majelis Hakim yang diketuai Sutrisno, Titik Budi Winarti, dan Khadwanto. Sedangkan, Panitera Pengganti, Achmad Fajarisman. [uci/beq]


    Apa Reaksi Anda?

    Komentar

    beritajatim TV

    Shin Tae Yong Puji Rumput Lapangan Thor Surabaya

    Menjajal Mobil Listrik Wuling Air ev