Hukum & Kriminal

Razia Narkoba, Petugas Temukan Benda Mencurigakan, Tenyata Jimat

Tuban (beritajatim.com) – Petugas gabungan dari Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Tuban bersama anggota Polres Tuban, Satpol PP, TNI dan juga Dinas Perhubungan menggelar kegiatan operasi Simpatik Bersih Narkoba yang berlangsung di Terminal Baru, Kabupaten Tuban, Rabu (23/12/2020).

Dalam pelaksanaan razia menjelang Natal dan Tahun Baru ini petugas BNNK melakukan tes urine terhadap para pengemudi khususnya pengemudi kendaraan umum yang melintas dan masuk Tuban. Selain pengemudi petugas BNNK juga melakukan tes urine secara acak kepada penumpang bus.

Pantaun beritajatim.com di lapangan, pelaksanaan razia Simpatik Bersih Narkoba tersebut dilakukan dengan menyasar sejumlah kendaraan umum seperti bus baik, MPU, kendaraan bus pariwisata. Selain itu sejumlah mobil pribadi yang melintas dari luar dan masuk ke Kota Tuban itu juga menjadi sasaran razia dengan dilakukan pemeriksaan.

“Ini merupakan kegiatan operasi Simpatik Bersih Narkoba dan juga pemeriksaan kelayakan kendaraan umum menjelang Natal dan Tahun Baru. Operasi simpatik ini bertujuan untuk mencegah penyalaahgunaan Narkoba,” terang AKBP I Made Arjana, Kepala BNNK Tuban setelah pelaksanaan razia.

Satu persatu kendaraan umum seperti bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) jurusan Semarang-Surabaya maupun yang jurusan Jakarta-Surabaya diarahkan untuk masuk ke dalam terminal Kambang Putih Tuban itu. Petugas melakukan penggeledahan sejumlah barang-barang yang dibawa oleh penumpang serta bagasi juga bus juga dilakukan pemeriksaan oleh petugas gabungan termasuk petugas Resnarkoba Polres Tuban.

“Tadi dilakukan pemeriksaan barang-barang milik para penumpang terutama yang membawa tas besar. Sedangkan untuk para sopir, kondektur, kernet bus dan para penumpang secara acak dilakukan tes urine,” tambahnya.

Pada waktu melakukan penggeledahan barang-barang milik para penumpang yang membawa tas besar petugas dikagetkan dengan adanya bungkusan kecil yang disimpan di dalam dompet seorang penumpang. Bungkusan warna hitam yang disimpan di dalam dompet oleh seorang pemuda itu saat dilakukan pemeriksaan bukanlan Narkoba, melainkan sebuah jimat yang selalu dibawa oleh yang bersangkutan.

“Dari hasil pemeriksaan maupun penggeledahan tidak ditemukan adanya Narkoba. Untuk total sopir dan juga penumpang yang dilakukan tes urine pada pelaksanaan kegiatan hari ini semuanya 89 orang dan semuanya tidak ada yang positif Narkoba,” pungkasnya.

Sementara itu, setelah mereka diketahui tidak ada yang positif menggunakan narkoba petugas kemudian mempersilahkan para pengemudi untuk melanjutkan perjalanannya. Adapun untuk hasil dari pemeriksaan kelayakan kendaraan umum itu semuanya diketahui kondisinya layak jalan.[mut/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar