Hukum & Kriminal

Polisi Ponorogo Ringkus Pencuri Spesialis Rokok

Pelaku pencurian rokok berbagai merk. [foto/Polsek Ponorogo kota]

Ponorogo (beritajatim.com) – Pencuri spesialis rokok berhasil diamankan oleh unit Reskrim Polsek Ponorogo kota. Pelaku yang berinisial DH (38) ini, diringkus petugas setelah kepergok mencuri rokok berbagai merk di toko atau rumah milik korban di Jalan Irawan Kelurahan Kepatihan Ponorogo.

Pelaku yang merupakan warga di salah satu perumahan di Kelurahan Kepatihan itu harus mendekam di penjara Polsek Ponorogo kota. “Saat ini pelaku DH sudah kita tahan guna proses penyidikan lebih lanjut,” kata Kapolsek Ponorogo kota AKP Haryo Kusbintoro, Selasa (11/5/2021).

Pengungkapan kasus pencurian rokok berbagai merk tersebut bermula saat pelaku pada Senin (10/5/2021) datang ke toko milik korban. Dia berpura-pura membeli rokok. Namun, ketika tidak ada orang di toko, selanjutnya pelaku mengambil beberapa rokok di etalase toko tersebut.

Saat sedang asik mengambil rokok, pelaku ketahuan pemilik. Secepat kilat DH langsung melarikan diri. Naas, dia kemudian dikejar oleh warga di sekitar toko tersebut. “Warga yang mengejar berhasil menangkapnya, kemudian korban melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Ponorogo kota,” katanya.

Dari hasil interogasi awal di tempat kejadian perkara (TKP), ternyata pelaku sebelumnya sudah melakukan pencurian rokok di beberapa toko di wilayah kota hingga kerugian mencapai Rp. 3.150.000,-. Selanjutnya DH dibawa ke mapolsek guna penyidikan lebih lanjut.

Barang bukti yang diamankan dari pelaku yakni 34 bungkus rokok berbagai merk serta 4 lembar kertas nota pembelian rokok. “Menurut pengakuannya, pelaku lebih dari satu lokasi dalam melancarkan aksinya sehingga kerugian mencapai 3.150.000,- dan saat ini masih dalam penyidikan.” jelasnya.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, pelaku dijerat pasal 362 junto 65 KUHP dengan ancaman pidana penjara paling lama lima tahun. “Atas perbuatannya, disangkakan pasal 362 KUHP Jo. 65 KUHP dengan ancaman pidana paling lama lima tahun penjara,” pungkasnya. [end/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar