Hukum & Kriminal

Polisi Gresik Siapkan Layanan Call Center 110

Gresik (beritajatim.com)– Imbas masih maraknya kasus curanmor (pencurian kendaraan bermotor), curat (pencurian dengan pemberatan) dan curas (pencurian dengan kekerasan) di Gresik, aparat kepolisian setempat menyiapkan layanan call center 110 bagi masyarakat.

Layanan 110 itu untuk merespon segala tindak kriminal yang dialami, diketahui, maupun disaksikan langsung oleh masyarakat. Sebagai bentuk persiapannya, para anggota Polres Gresik melakukan simulasi layanan cepat tanggap tersebut.

Simulasi tersebut diikuti oleh beberapa satuan diantaranya Satlantas, Sabhara hingga Satreskrim dengan menerjunkan tim ‘black panther’. Selain menggelar simulasi, kelengkapan senjata serta kendaraan taktis pun turut disiapkan guna mendukung respon latihan.

Termasuk diantaranya memperagakan beberapa adegan. Sejak menerima pengaduan dari masyarakat, persiapan perlengkapan, gerak cepat menuju lokasi dan melakukan operasi di tempat kejadian perkara (TKP).

Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto menuturkan, layanan call centre 110 dilakukan serentak oleh kepolisian Indonesia. Sejumlah personel Polres Gresik dikerahkan untuk menghandle layanan tersebut.
“Layanan ini gratis dan bisa diakses di seluruh wilayah hukum Polres Gresik. Kami sudah menyiapkan personel sebagai operator layanan 110 selama 24 jam,” tuturnya, Senin (31/5/2021).

Melalui layanan tersebut, masyarakat bisa melaporkan kejadian atau pun ketika memerlukan bantuan dari kepolisian. “Misalnya terjadi kecelakaan, perampokan, kebakaran, keributan dan peristiwa-peristiwa lainnya,” ungkap Arief.

Untuk penerapannya, kata dia, masyarakat tinggal menekan nomor 110. Kemudian telepon dari masyarakat akan tersambung ke operator petugas terdekat. “Dengan mendeteksi posisi GPS. Lokasi penelepon akan muncul di peta digital yang ada di command centre,” katanya.

Saat sudah mengantongi informasinya, petugas akan segera menuju ke lokasi sesuai GPS tersebut. “Nanti tim yang diterjunkan disesuaikan dengan laporan yang masuk. Misalnya, jika kecelakaan, maka yang diterjunkan Unit Laka Lantas. Demikian apabila terjadi aksi pencurian, maka jajaran Satreskrim akan segera terjun menuju lokasi,” tandasnya. [dny/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar