Hukum & Kriminal

Pemuda Gresik yang Menista Agama di Medsos Bakal Diperiksa Kejiwaan

Gresik (beritajatim.com) – Mochammad Syahroni (21), warga Jalan Harun Thohir 10/27 Gresik yang terjerat kasus penistaan agama di media sosial Facebook, rencananya akan diperiksa kejiwaannya, Selasa (21/4) lusa.

Kapolres Gresik, AKBP Kusworo Wibowo menuturkan, berdasarkan informasi dari warga sekitar, keluarga dan ketua RT tempat tinggal pelaku, Mochammad Syahroni memiliki gangguan jiwa.
“Berdasarkan keterangan mereka, yang bersangkutan memiliki gangguan jiwa,” tuturnya, Sabtu (18/04/2020).

Kusworo Wibowo menambahkan, dalam waktu dekat pihaknya akan memeriksa kesehatan jiwanya. “Rencananya hari Selasa diperiksa psikologi kejiwaannya,” imbuhnya.

Seperti diberitakan, pelaku memposting gambar sesosok yang disebut wajah Nabi Muhammad SAW beserta tulisan bernada provokatif. Postingan tersebut diunggah di akun Facebook miliknya bernama Vladimir Ronin. Pelaku juga menambahkan kata-kata yang kurang pantas di grup facebook Tetap Jokowi pada hari Jumat, 17 April 2020, pukul 06:30 WIB.

Di hadapan penyidik, Mochammad Syahroni mengaku tidak pernah membuat gambar ataupun tulisan yang dianggap mengejek Nabi Muhammad SAW, seperti yang telah dibagikan di dalam FB.

Dia menyimpan gambar tersebut secara utuh dari postingan grup FB tanpa dirubah apapun dan telah sesuai dengan gambar yang telah dibagikan. Dia memposting ke FB dengan tujuan untuk menghina akun FB bernama “NAB HAN” karena diduga anggota Front Pembela Islam (FPI).

Akhirnya, pelaku didatangi FPI Gresik. Anggota FPI Gresik, Habib Alwi membenarkan dan juga sudah menemui pemuda yang diduga menghina nabi. Sebelum akhirnya pelaku dibawa ke Polres Gresik guna menjalani pemeriksaan. [dny/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar