Hukum & Kriminal

5 Bocil Curi Motor di Surabaya, 2 Hanya Ikut-ikut

Zidan pelaku pencurian sepeda motor di Banyu Urip Kidul, Surabaya belum lama ini ditangkap polisi. (Manik Priyo Prabowo/Polisi).

Surabaya (beritajatim.com) – Akhirnya pelaku pencurian sepeda motor di Banyu Urip Kidul, Surabaya, Jatim, pada Minggu (12/8/2020) lalu ditangkap polisi belum lama ini. Pelaku pencurian yang awalnya diduga dilakukan oleh lima orang bocil (bocah cilik) ini ternyata hanya tiga yang ditetapkan sebagai tersangka.

Kapolsek Sawahan AKP Wisnu Setiawan Kuncoro menjelaskan, menurut bukti kamera pengawas memang terlihat ada lima anak yang diduga ikut mencuri sepeda motor. Hanya saja, usai diamankan satu pelaku, yaitu bernama Zidan Hadi Putra (19), diperoleh keterangan bahwa dua pelaku yang dijalan hanya ikut dan tak tahu kalau tiga orang mencuri motor.

“Memang awalnya kamera pengawas merekam lima anak. Dua di jalan dan tiga masuk gang ambil motor. Tapi dua yang di jalan salah satunya cewek ini tak tahu kalau tiga rekannya mencuri. Jadi yang kita tetapkan tersangka hanya ada tiga saja,” jelasnya kepada beritajatim.com, Minggu (23/8/2020).

“Satu tertangkap dan dua masih dalam proses pengejaran. Sedangkan dua anak di jalan yang tak tahu apa-apa ini tidak kita amankan,” lanjut AKP Wisnu.

Kepada petugas, Zidan menuturkan, pelaku awalnya mengundang rekan-rekannya untuk berkumpul. Bahkan Zidan sudah membuat kode untuk mencuri motor di tetangga perkampungan pelaku. Sampai akhirnya mereka bercanda hingga dini hari dan nekat mencuri motor di gang Banyu Urip Kidul IV tersebut. Bahkan, jarak rumah pelaku dan tempat mencuri tak lebih dari 2 km. Hanya berbeda tiga gang saja.

“Pengakuan pelaku yang tertangkap begitu. Kini kita tinggal dua pelaku lagi yang masih kita incar. Satu pelaku sudah lari dari rumahnya dan satu lagi dalam pengejaran,” jelas Iptu Ristitanto, Kanit Reskrim Polsek Sawahan.

Lebih lanjut Risti memaparkan, dalam sekali aksi pelaku Zidan ini memperoleh uang Rp 200 ribu. Sementara motor Beat putih ini dibawa kedua pelaku untuk dijual ke penadah. [man/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar