Iklan Banner Sukun
Gaya Hidup

Presiden Jancukers Sujiwo Tejo Hadir di Kota Mojokerto, Simak Jadwalnya

Sujiwo Tejo

Mojokerto (beritajatim.com) – Rangkaian kegiatan peringatan Hari Jadi ke-104 Kota Mojokerto terus berlanjut. Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto akan menggelar seni tradisional, pagelaran wayang kulit dengan menghadirkan Presiden Jancukers, Sujiwo Tejo.

Seniman nyentrik ini akan tampil di Lapangan Raden Wijaya, Jalan Raya Surodinawan, Kecamatan Prajurit Kulon, Selasa (28/6/2022) besok. Dalam pergelaran wayang kulit ini, akan menghadirkan dalang asal Surakarta, Ki Cahyo Kuntadi, sinden asal Hongaria Agnes Serfozo dan lawak dari Jo Klithik dan Jo Kluthuk

“Dalang Ki Cahyo Kuntadi akan membawakan lakon Srikandhi Kridho. Ada sinden asal Hongaria Agnes Serfozo, lawak dari Jo Klithik dan Jo Kluthuk dan seniman Sujiwo Tejo,” ungkap Ketua pelaksana wayang kulit, Modjari, Senin (27/6/2022).

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Mojokerto ini menjelaskan, Srikandhi Kridho menceritakan tentang kisah peran wanita dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Selain pertunjukan wayang kulit, juga akan ada kesenian lain yang tentu akan semakin menarik animo masyarakat.

Gelaran seni tradisioanal tersebut diprediksi akan dipadati masyarakat. Sehingga strategi pengamanan acara menjadi salah satu bahasan yang tidak dilewatkan. Hal itu demi memberikan kenyamanan bagi masyarakan yang ingin menikmati acara malam itu.

“Kita tidak bisa menyangkal, di keramaian nanti akan sangat mungkin ada pihak-pihak yang justru menyalahgunakan kesempatan. Jadi saya harap masyarakat bisa mawas diri, jangan lupa kunci kendaraan dan dimana lokasi parkirnya,” himbaunya.

Pertunjukan seni tradisional wayah kulit dipilih, selain sebagai media hiburan bagi masyarakat, juga sebagai upaya untuk nguri-nguri budaya lokal serta mengenalkan kepada generasi muda agar tidak lupa dengan akan akar budayanya. [tin/ted]


Apa Reaksi Anda?

Komentar