Ekbis

Smart Ritel, Teknologi Baru Yang Mampu Menghilangkan Baliho?

Surabaya (beritajatim.com) – Para pengusaha baliho tampaknya akan memiliki tambahan pesaing baru yakni teknologi smart ritel. Teknologi ini nantinya akan mengirimkan pesan khusus kepada semua masyarakat yang pernah terdeteksi berbelanja di pusat perbelanjaan ritel moderen. Secara berkala teknologi ini akan mengirimkan secara langsung promo yang sesuai dengan kebutuhan dan minat konsumen ritel moderen. Jadi kedepan berpromosi di Baliho pun akan ditinggalkan.

 

Hal ini terungkap saat sejumlah narasumber dari Taiwan Excellence yang menggelar Taiwan Expo 2019 di Grand City Convex Surabaya membeberkan inovasi tercanggih yang mereka kembangkan saat ini. Diantaranya adalah Smart Retail dan layanan medis.

 

Pameran yang diselenggarakan Biro Perdagangan Luar Negeri, MOEA dan Dewan Pengembangan Perdagangan Eksternal Taiwan (TAITRA) ini juga menggelar seminar ‘Breakthrough in the Future Smart Retail’. Dan Acer salah satu brand dari Taiwan membeberkan betapa mereka sudah memiliki teknologi scan wajah, usia bahkan minat beli setiap pengunjung yang datang ke supermarket atau ritel moderen lainnya.

 

“Teknologi smart ritel memang sudah maju dan diterapkan di Taiwan.  Dan ataupun tidak, Taiwan adalah kiblat teknologi saat ini. Sebab berbagai merek Eropa dan Amerika saja kini dibuat di Taiwan. Dan dengan teknologi mereka para pengusaha ritel dapat mengetahui kesukaan pelanggannya, sehingga mereka bisa langsung mengirim promo yang tepat untuk pelanggannya,” ujar Okky Tri Hutomo, Ketua Asosiasi Pengusaha TIK Nasional (Aptiknas) Jatim, Kamis (26/9/2019).

Dikatakan potensi ritel saat ini pun tinggi yakni sekitar 27.000 ritel se Indonesia dan baru 27 persen yang memiliki Smart ritel. Iti artinya peluang untuk upgrade teknologi ritel ini sangat tinggi.

 

“Dan kami pengusaha TIK memang tidak memproduksi alat dan sistemnya tetapi kami bisa mendatangkan teknologinya serta memasangkan sistemnya. Dan Taiwan Expo yang digelar di Surabaya saat ini memudahkan kami melakukan kerjasama baru dengan pengusaha TIK Taiwan,” tandas Okky. 

 

seminar yang menghadirkan empat pembicara atau empat Deputy Director, Industry Marketing Departement Taiwan External Trade Development Council, Karen Pai, hinhga Ketua Umum APRINDO Roy Nicholas Mandey.[rea]





Apa Reaksi Anda?

Komentar