Iklan Banner Sukun
Ekbis

Kedelai Mahal, Harga Tahu di Magetan Ikut Naik

Magetan (beritajatim.com) – Kedelai di Magetan saat ini cukup mahal. Satu kilogram kedelai impor mentah di Pasar Sayur Magetan dijual pada harga Rp12.600 per kilogram, sedangkan kedelai lokal Rp13 ribu.

Mahalnya kedelai ini berpengaruh pada harga jual tahu yang turut mengalami kenaikan. Para pedagang tahu terpaksa mengambil pilihan tersebut untuk mengantisipasi kerugian.

Seperti dituturkan Purwanto (47), produsen tahu yang terpaksa menaikkan harga. Dia mengatakan dalam sepekan ini, harga kedelai impor naik di angka Rp12.600 per kg, padahal sebelumnya sekitar Rp11.700 per kg.

“Ya kami sebagai produsen mau tak mau harus menaikkan harga tahu, yang tadinya satu papan itu sekitar Rp28 ribu kini jadi Rp30 ribu,” kata Purwanto, Jumat (23/9/2022).

Purwanto mengakui mendapat keluhan dari pembeli. Tetapi, dia tidak bisa berbuat banyak demi menekan kerugian.

“Ya memang pembeli jadi protes ya, karena naik. Tapi karena tahu harga kedelai memang mahal, ya akhirnya mereka menerima,” katanya.

Untuk penyebab kenaikan kedelai, Purwanto tak tahu pasti. Dia dan para produsen tahu yang lain hanya bisa mengikuti harga yang ditetapkan pedagang kedelai.

Saat ini, dia dan rekan sesama produsen tahu berharap harga kedelai bisa kembali turun. Sehingga harga tahu bisa terjangkau. [fiq/beq]


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Shin Tae Yong Puji Rumput Lapangan Thor Surabaya

Menjajal Mobil Listrik Wuling Air ev