Olahraga

Jelang Leg Kedua Final Piala Presiden 2019

Final Arema FC Vs Persebaya Dijaga 4.280 Polisi

Malang (beritajatim.com) – Pengamanan berlipat akan dilakukan Kepolisian Resor Malang jelang Final Leg 2 Piala Presiden 2019, antara tuan rumah Arema FC melawan Persebaya, Jumat (12/4/2019) lusa.

Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung mengatakan, jumlah personel kepolisian yang diturunkan dalam laga tersebut berjumlah 4.280 personel.

“Jumlah petugas berlipat-lipat tentunya. Jika sebelumnya laga Arema hanya dijaga 600 sampai 700 personel, untuk final nanti kita terjunkan 4.280 personel,” terang Ujung, Rabu (10/4/2019) sore pada awak media di ruang kerjanya.

Jumlah Polisi yang membengkak, beber Ujung, ada beberapa alasan. “Pertama karena ini laga final ya. Kedua waktunya berbarengan dengan masa kampanye Pemilu. Sehingga pengamanan kita lakukan maksimal,” tegas Ujung.

Dari seluruh personel kepolisian yang dikerahkan, Polres Malang akan dibantu Polres samping dari Malang Kota, Pasuruan, Blitar dan Probolinggo. “Jumlah personel kita bagi. Dimana 2.888 personel bertugas di dalam stadion. Sisanya, berada di luar stadion dan juga mengamankan jalur iring-iringan kedatangan serta kepulangan suporter,” paparnya.

Masih kata Ujung, pihaknya beruntung sejauh ini Aremania cukup padu dengan kepolisian dalam hal ini Arema Police dalam menjaga kondusitas wilayah selama pertandingan sepakbola berlangsung. Sehingga, yang dikedepankan lebih pada tindakan persuasif dan simpatik pada Aremania.

“Kita sama sama menjaga, mengamankan pra dan pasca pertandingan selesai. Karena selama ini jika ada masalah, kita juga kedepankan penangananya dengan melibatkan korwil. Kami optimis Aremania bisa menjaga marwah Kabupaten Malang dan Malang Raya selama aman, tertib dan konfusif,” kata Ujung.

Disinggung teknis Ring 1 pengamanan akan hadirnya Presiden Joko Widodo dalam laga tersebut? “Setelah ini kita akan rapat lagi. Pastinya untuk Ring 1 pengamanan yang utama ada di jajaran TNI,” tegas Ujung.

Ujung berharap seluruh element suporter di Malang Raya, menjunjung tinggi kesepakatan dan deklrasi damai seperti yang sudah dihasilkan dalam pertemuan di Polda Jatim beberapa hari kemarin.

“Poin deklarasi damai yakni, seluruh Aremania dan juga Bonek sepakat menciptakan suasana sepakbola damai. Sore ini kita akan kumpulkan seluruh korwil Aremania untuk tekankan hal ini,” pungkas Ujung. (yog/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar