Iklan Banner Sukun
Ragam

Pentingnya Makan Buah Setiap Hari Bagi Penderita Diabetes

(Foto: Jo Sonn, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Meskipun Anda tidak dapat mengontrol faktor risiko tertentu untuk diabetes tipe 2, akan tetapi Anda dapat menurunkan risiko komplikasi diabetes melalui pola dan pilihan makanan.

Pada 2018, sekitar 34,2 juta orang dari segala usia di AS, sekitar 10,5% dari populasi telah menderita diabetes. menurut Laporan Statistik Diabetes Nasional 2020 CDC Penting sekali untuk diingat bahwa diabetes tipe 2 menyumbang 90%-95% dari semua kasus diabetes yang Diperkirakan 345 juta orang saat ini telah berisiko mengalami kondisi medis ini.

Namun, para ahli secara teratur mengatakan bahwa makan makanan nabati yang dominan dapat membantu melindungi Anda dari penyakit kronis. Sementara beberapa faktor risiko diabetes juga sesekali berada diluar kendali Anda, seperti faktor usia, jenis kelamin, dan riwayat keluarga. Adapun yang lainnya berada dalam jangkauan diet, merokok, dan aktivitas fisik.

Salah satu studi menunjukkan bahwa orang yang secara teratur mengonsumsi lebih banyak biji-bijian, sayuran, buah, kacang-kacangan, dan lebih sedikit mengonsumsi daging merah, daging olahan, lemak jenuh, makanan cepat saji, dan gula, diyakini cenderung memiliki tingkat diabetes dan penyakit jantung yang lebih rendah.

Dalam studi baru ini, para peneliti menganalisis data lebih dari 7.600 pasien dari Australian Diabetes, Obesity, and Lifestyle Study dari Baker Heart and Diabetes Institute. Para pasien ini diminta untuk memberikan informasi tentang asupan buah dan jus buah mereka melalui kuesioner frekuensi makanan.

Dan hasilnya para peneliti tersebut menemukan bahwa pasien yang mengonsumsi sekitar 2 porsi buah perhari memiliki risiko 36% lebih rendah terkena diabetes tipe 2 selama lima tahun ke depan dibandingkan mereka yang mengonsumsi kurang dari setengah porsi buah per hari. Temuan ini menunjukkan bahwa pola makan dan gaya hidup sehat, yang mencakup konsumsi buah utuh perhari merupakan strategi bagus untuk menurunkan risiko diabetes.

Para peneliti juga menentukan bahwa mereka yang makan buah utuh menghasilkan lebih sedikit insulin untuk menurunkan kadar glukosa darah. Dan sebuah temuan penting juga mengingatkan bahwa kadar insulin yang bersirkulasi dapat merusak pembuluh darah, yang juga dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi. [ptr/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar