Iklan Banner Sukun
Ragam

Anechoic Room, Ruangan Tersunyi di Dunia Milik Microsoft

(Foto: This Is Engineering, pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Jika anda menyukai kesunyian, ruangan dengan konsep anechoic chamber mungkin bisa anda terapkan. Sehingga, tidak akan ada suara dari luar ruangan anda yang akan mengganggu. Tidak ada suara kendaraan, suara cuitan burung, termasuk suara panggilan dari orang tua.

Microsoft sudah membuatnya. Namanya ruangan Anechoic berukuran 6,36 meter. Ruangan ini diletakkan di kantor utama mereka, Gedung B87, Reymond, Washington. Ruangan ini dibuat bukan hanya untuk unjuk gigi bahwa salah satu perusahaan teknologi terbesar ini bisa membuat inovasi dan menjadi yang terbaik di dunia. Tetapi, ruangan ini memang memiliki fungsi yang signifikan.

Ia digunakan sebagai tempat melakukan pengecekan kinerja mesin dan semua perangkat buatan Microsoft. Dengan kesunyian ruangan yang mencapai 20,6 desibel, kita bisa mendengar dengan jelas suara-suara yagn selama ini mungkin tak kita dengar. Seperti suara nafas, detak jantung, detak nadi, sampai suara persendian. Dan ruangan ini langsung mendapatkan penghargaan dari Guinness World Record sebagai ruangan paling sunyi di dunia.

Kemampuan ruangan ini mengisolir suara dari luar, membuat suara-suara yang ada di dalam ruangan menjadi terdengar sangat baik. Hal ini digunakan oleh para teknisi Microsoft untuk memastikan tidak ada suara yang mengganggu konsumen saat menggunakan produk mereka. Seperti suara keyboard yang tidak pas, atau suara circuit board yang mengganggu.

Ruangan Anechoic Microsoft punya intensitas suara latar yang sangat begitu rendah yaitu 20,6 desibel. Jika dibandingkan dengan suara bisikan dari manusia yang berada pada intensitas 30 desibel. Sementara nafas manusia normal berada berada di angka 10 desibel, tentu bisa dikatakan ruangan tersebut sangat sunyi.

Saat pintu ruangan Anechoic Microsoft ditutup, maka semua suara yang berasal dari luar tidak akan terdengar sama sekali. Itu terjadi karena ruangan tersebut dibekali banyak sekali peredam.

Sehingga yang ada di dalam ruangan tidak akan mendengar suara apapun kecuali suara napas, gerakan tubuh persendian, detak jantung, hingga aliran darah sendiri. Bahkan saat berada di dalam ruangan Anechoic Microsoft suara menelan sesuatu terdengar dengan begitu jelas. (dan/tur)


Apa Reaksi Anda?

Komentar