Iklan Banner Sukun
Ragam

3 Teknik Pencahaayaan Untuk Hasilkan Foto Yang Sempurna

(Foto: Burak Kebapci, pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Pencahayaan menjadi salah satu komponen terpenting dalam penggunaan kamera. Baik itu photografi maupun merekam video. 3 point lighting adalah teknik pencahayaan standar yang digunakan untuk photografi dan filmmaking.

Metode teknik lighting ini dapat membantu menonjolkan subjek dari latar belakang. Tiga teknik lighting ini merupakan sistem pencahayaan dasar yang populer karena sederhana dalam pengaplikasiannya. Dengan pengaturan cahaya yang tepat kita bisa menghasilkan karya foto maupun video yang lebih hidup dan sesuai dengan suasana atau tema yang kita inginkan.

Tiga posisi lighting yang berbeda memungkinkan Anda untuk menerangi subjek dan mengontrol (atau menghilangkan sepenuhnya) bayangan yang diciptakan oleh cahaya langsung. Tiga komponen pencahayaan 3 titik adalah (key light) pencahayaan utama, (fill light) pencahayaan tambahan, dan (back light) lampu latar.

Nah untuk kamu yang ingin memulai proses bikin konten dengan shooting, kamu perlu ini mengetahui tiga dasar teknik pencahayaan yang paling umum dipakai para filmaker, simak penjelasan berikut ini.

Key Light

Key light adalah yang paling kuat dan penting dari tiga lampu yang digunakan dalam teknik ini. Sumber cahaya ini diposisikan di antara sisi kamera dan subjek (biasanya pada sudut 45 °), sehingga satu sisi subjek cerah dan sisi lainnya sedikit lebih gelap. Key light membuat subjek terlihat, tetapi menghasilkan gambar kontras tinggi yang tidak alami.

Fill Light

Fill light ditempatkan di sisi berlawanan dari subjek digunakan sebagai sumber cahaya kedua untuk key light. Key light juga digunakan untuk mengisi bayangan yang dibuat oleh key light sehingga tidak seterang key light. Cahaya isi mengurangi kontras yang diciptakan oleh key light untuk tampilan yang lebih alami.

Back light

Back light ditempatkan di belakang subjek dan menerangi subjek dari belakang. Back light bisa lebih terang atau lebih gelap dari lampu utama. Sumber cahaya ini memberikan subjek dengan refleksi yang cukup dan memisahkan subjek dari latar belakang. Back light menambah kedalaman pada gambar dan membuatnya tampak tiga dimensi.

Perlu digaris bawahi, pencahayaan dalam proses shooting juga bisa saja membutuhkan teknik lighting yang lain. Karna dalam pencahayaan tergantung bagaimana hasil yang direkam oleh kamera. Jika posisi indor misalnya ketiga teknik tersebut kurang sempurna, anda bisa menyesuaikan kebutuhan pencahayaan pada subjek utama.

Nah itu dia teknik pencahayaan paling dasar yang dapat membuat karya anda lebih sempurna. Semoga bermanfaat (ptr/tur)


Apa Reaksi Anda?

Komentar