Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Waspada, Ini Titik Rawan Banjir dan Longsor di Jatim Saat Mudik

Surabaya (beritajatim.com) – Dinas Pekerjaan Umum dan Bina Marga Provinsi Jawa Timur telah memetakan beberapa titik lokasi rawan bencana. Ada beberapa daerah rawan terjadi banjir dan longsor yang harus diwaspadai saat arus mudik Lebaran 2022.

Daerah rawan banjir antara lain perbatasan Kota Bojonegoro-Pajeng di Kabupaten Bojonegoro, Pakah-Ponco di Kabupaten Tuban, Arjosari-Purwantoro di Kabupaten Pacitan, batas Kabupaten Situbondo dan batas Kota Bondowoso, Jalan Trunojoyo di Kabupaten Ponorogo, Jalan Imam Bonjol dan Sampang-Omben di Kabupaten Sampang.

Sedangkan lokasi rawan longsor di antaranya bisa terjadi di wilayah Babat sampai batas Kabupaten Jombang, Jalan Raya Cangar dan Jalan Trunojoyo di Kota Batu, batas Kota Magetan-Cemorosewu Kabupaten Magetan, Arjosari-Purwantoro di Kabupaten Pacitan.

“Dengan letak geografis Jawa Timur yang memiliki banyak pegunungan dan dataran tinggi, terdapat wilayah yang rawan terjadi longsor. Seperti di Pacitan, Ponorogo, Pasuruan, Bondowoso dan Situbondo,” kata Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, Selasa (26/4/2022).

“Untuk itu, kami meminta pemudik nanti untuk berhati-hati saat melewati jalan ini. Saya juga minta untuk dipasang rambu-rambu peringatan di daerah yang rawan longsor,” imbuhnya.

Khofifah menambahkan, saat ini di jalan provinsi juga ada satu jembatan yang rusak dan tidak bisa dilewati yakni Jembatan Kutorejo. Kerusakan jembatan yang menghubungkan Kabupaten Bojonegoro dengan Kabupaten Nganjuk ini menyebabkan terputusnya akses jalan provinsi.

Namun demikian, bagi masyarakat yang ingin melewati jalan ini saat mudik lebaran nanti, tidak perlu khawatir karena Dinas PU Bina Marga Jatim akan memasang jembatan bailey.

“Pada saat lebaran nanti, jembatan bailey sudah bisa dilewati. Namun, tidak untuk kendaraan berat seperti truk. Kendaraan berat akan diarahkan ke jalan alternatif,” pungkasnya. (tok/beq)


Apa Reaksi Anda?

Komentar