Politik Pemerintahan

Warga Kaliglagah Ketakutan Hadapi Covid, Bupati Jember Ambil Langkah Ini

Hendy Siswanto Bupati Jember

Jember (beritajatim.com) – Bupati Hendy Siswanto meluncur ke Desa Kaliglagah, Kecamatan Sumberbaru, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Kamis (22/7/2021), menyusul banyaknya warga yang sakit dan meninggal akibat Covid-19 di sana.

“Ada kiai saya di sana, berasal dari Madura, Kiai Sofi meninggal dunia. Sekarang ada kiai saya, Kiai Syukron, sakit juga dirawat di Lumajang. Dia meminta: tolong warga saya, tolong warga saya,” kata Hendy.

Sebelumnya, Sulton Kuswandi, Kepala Urusan Keamanan Desa Kaliglagah, yang tengah dirawat di rumah sakit menyempatkan diri mengirimkan pesan suara yang berisi permintaan bantuan kepada Bupati Jember Hendy Siswanto.

Sulton dalam bahasa Madura menyampaikan situasi mencekam di desanya. Dia minta kepada Pemerintah Kabupaten Jember untuk segera bertindak agar korban jiwa akibat Covid-19 tak berjatuhan.

“Padepakagi ke Bupati, Wakil Bupati Jember, Pak, atau Muspika Sumberbaru. Sumberbaru, terotama Glagah kejadian luar biasa. Benyak oreng sedheh pon capok Corona. Tolong dullih atasen. Benyak oreng adek ommor Kaliglagah, Pak Haji! Nikah pon 3 oreng. Benyak tokoh yang sakek. Benyak orengah Pak Hendy, orengah Gus Firjaun.”

“Tolong beritahu bupati, wakil bupayi Jember, Pak, atau Muspika (Musyawarah Pimpinan Kecamatan) Sumberbaru. Sumberbaru, terutama Glagah kejadian luar biasa. Banyak orang wafat terkena Corona. Tolong segera diatasi. Banyak orang tak panjang usia di Kaligalah, Pak Haji. Ini sudah tiga orang. Banyak tokoh yang sakit. Banyak pendukung Pak Hendy, pendukung Gus Firjaun.”

Permohonan warga ini didengar Hendy. “Kami akan melaksanakan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) skala mikro berbasis rukun tetangga dan rukun warga di Kaliglagah,” katanya.

Dinas Kesehatan Jember akan melakukan penelusuran kontak (tracing) terhadap 50 orang warga dan melakukan vaksinasi terhadap 300 orang. ‘Kami juga akan bagikan seribu paket sembako untuk warga di desa itu dan membagikan 500 masker,” kata Hendy.

Hendy juga akan memborong dagangan 100 orang pengusaha mikro kecil menengah. “Terus kami bagikan ke tetangga kiri dan kanan,” katanya.

Hendy menyebut, jika langkah di Kaliglagah berhasil, akan dilakukan langkah-langkah serupa di seluruh Kabupaten Jember. [wir/ted]



Apa Reaksi Anda?

Komentar