Politik Pemerintahan

Tahun Ini Pemkab Magetan Ajukan 783 Formasi CPNS dan PPPK

Magetan (beritajatim.com) – Pemerintah Kabupaten Magetan mengajukan formasi pemenuhan pegawai sebanyak 783 formasi. Pengajuan itu berkaitan dengan rencana pemerintah pusat yang hendak melakukan seleksi CPNS dan CPPPK dalam waktu dekat.

“Mayoritas tetap tenaga pendidik dan kesehatan. Kemudian disusul bidang teknis,” kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Masruri kepada┬áberitajatim.com, Kamis (27/5/2021).

Dia menambahkan, BKD sebelumnya mengusulkan kepada Kemen PAN-RB sejumlah 839 formasi. Namun, oleh pusat dipangkas 56. Belum diketahui alasan Kemen PAN-RB memangkas pengajuan tersebut. Namun, sampai saat ini pihaknya belum ada konfirmasi berapa jumlah formasi yang akan diberikan oleh pemerintah pusat.

“Hingga hari ini BKD belum mendapat persetujuan soal formasi yang akan dibuka pada seleksi CPNS tahun ini,” jelasnya.

Lantaran formasi belum ditetapkan oleh pemerintah pusat, jumlah seluruh formasi CPNS 2021 untuk Pemkab Magetan pun belum dapat diketahui. Meski banyak yang menyebutkan akan dilaksanakan pada bulan Mei mendatang, namun waktu tepatnya belum jelas.

“Seleksi CPNS diumumkan paling cepat 30 Mei. Sementara pendaftarannya dibuka mulai 31 Mei,” jelasnya.

Selain lewat seleksi CPNS, pemenuhan pegawai juga akan diupayakan melalui seleksi calon pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (CPPPK). Mayoritas guru dan tenaga kesehatan (nakes) yang akan direkrut lewat jalur tersebut. “Guru dan nakes mendapat porsi cukup besar di CPPPK,” imbuhnya.

Rekrutmen lewat CPNS dan CPPPK digadang sebagai solusi mencukupi kekurangan pegawai di Pemkab Magetan. Maklum, tahun ini bakal ada 532 PNS yang pensiun. Mayoritas tenaga pendidik yang jumlahnya mencapai 372.

“Prinsip pengisian pegawai memegang prinsip zero growth. Pengisian pegawai sesuai jumlah yang berhenti,” tandasnya.(asg/ted)



Apa Reaksi Anda?

Komentar