Politik Pemerintahan

Sehari Jelang Penutupan, Pendaftaran PPK di Tuban Masih Belum Penuhi Kuota

Tuban (beritajatim.com) – Sebagai salah satu tahapan untuk persiapan pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Tuban 2020, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tuban telah membuka pendaftaran untuk petugas Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Kamis (23/1/2020).

Pembukaan untuk pendaftaran petugas PPK di masing-masing kecamatan di Tuban itu sudah dibuka sejak tanggal 18 Januari 2020 ini dan akan ditutup pada 24 Januari 2020. Namun hingga siang ini, belum semua kecamatan memenuhi kuota yang telah ditetapkan oleh pihak KPU.

Data yang dihimpun beritajatim.com pada Kamis siang, untuk jumlah pendaftar yang akan ikut seleksi PPK itu totalnya sudah ada sebanyak 227 orang pendaftar. Yang mana jumlah tersebut merupakan seluruh pendaftar dari 20 kecamatan di Tuban Bumi Wali itu.

“Dari 20 kecamatan di Kabupaten Tuban sebanyak 15 kecamatan sudah memenuhi dan juga ada yang melebihi dari kuota pendaftar minimal,” ungkap Fathul Ikhsan, Ketua KPU Kabupaten Tuban saat berada di kantornya.

Dalam melakukan seleksi untuk pendaftaran PPK itu, kuota dari masing-masing kecamatan dibutuhkan minimal sebanyak 10 orang. Yakni sebanyak lima kecamatan untuk sampai dengan siang ini jumlah pendaftarnya belum sampai mencapai 10 orang.

“Masih ada 5 kecamatan yang belum memenuhi kuota atau belum mencapai 10 pendaftar. Ke lima kecamatan yang belum memenuhi kuota adalah Bancar yang masih 9 pendaftar, Jenu 6 pendaftar, kerek 9 pendaftar, Montong 8 pendaftar, dan Kenduruan 8 pendaftar,” paparnya.

Adapun untuk 15 kecamatan yang sudah memenuhi kuota pendaftar calon PPK itu paling banyak adalah Kecamatan Tuban yakni dengan jumlah pendaftar sebanyak 18 orang. Kemudian Kecamatan Semanding sebanyak 16 pendaftar, selanjutnya Bangilan dan Parengan masing-masing terdapat 14 pendaftar.

“Saya yakin hari ini terpenuhi atau kalau tidak ya besok pasti sudah penuh atau bahkan lebih. Setelah pendaftaran untuk tahapan selanjutnya adalah seleksi administrasi, kemudian dilanjutkan tes tulis pada 30 Januari 2020,” pungkasnya.[mut/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar