Politik Pemerintahan

Sampah Mangkrak, Plt Kepala Cipta Karya: Tanya ke Plt Bupati Jember

Jember (beritajatim.com) – Beberapa hari terakhir, sampah rumah tangga di Kabupaten Jember, Jawa Timur, tak terangkut ke tempat pembuangan akhir. Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Cipta Karya Jember tidak mengoperasikan petugas kebersihan.

Kepala Dinas Cipta Karya Jember Yessiana Arifa meminta kepada beritajatim.com untuk menanyakan hal itu ke Pelaksana Tugas Bupati Jember Abdul Muqiet Arief. “Langsung tanyakan ke Pelaksana Tugas Bupati. Kalau sesuai KSOTK (Kedudukan Susunan Organisasi dan Tata Kerja) 2016, tanggung jawab ruang terbuka hijau ada pada Dinas Lingkungan Hidup bukan Dinas Cipta Karya,” katanya, via WhatsApp, Sabtu (21/11/2020).

“Saya hanya ikut aturan dan prosedur, tidak lebih tidak kurang. Ada asas kehati-hatian, dan kewajiban PNS adalah cermat bekerja. Cermat itu di antaranya memastikan keabsahan dan ketaatan prosedur dan aturan,” kata Yessiana.

Yessiana menyatakan harus berhati-hati supaya tidak terkena dampak hukum, terutama tindakan yang mengakibatkan pengeluaran keuangan daerah. “Saya orangnya penakut. Bahkan tanda tangan pada kertas berkop pun saya takut,” katanya.

Yessiana adalah salah satu pejabat yang dikembalikan ke jabatan sebelum 3 Januari 2018, sesuai rekomendasi Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. Sebelumnya, ia menjabat Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Dan Sumber Daya Air Kabupaten Jember, dan dikembalikan ke posisi Kepala Bidang Penyehatan Lingkungan Permukiman pada Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Cipta Karya Kabupaten Jember.

Namun, Yessiana juga diberikan tambahan tugas. Pelaksana Tugas Bupati Muqiet mengangkatnya menjadi pelaksana tugas Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Cipta Karya Kabupaten Jember. [wir/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar