Politik Pemerintahan

Perumda Tirta Kanjuruhan Raih 4 Penghargaan TOP BUMD Award 2021

Malang (beritajatim.com) – Perumda Tirta Kanjuruhan menerima 4 penghargaan sekaligus dalam ajang TOP BUMD Award 2021. TOP BUMD Awards adalah kegiatan corporate rating (penilaian kinerja BUMD), terbesar di Indonesia, yang memberikan penghargaan kepada BUMD-BUMD Terbaik se Indonesia.

Penghargaan itu meliputi atas Achievement (prestasi), Improvement (perbaikan), dan Contribution (Kontribusi) BUMD yang telah dilakukan, terkait kinerja bisnis, layanan, dan kontribusi terhadap perekonomian daerah.

Kegiatan TOP BUMD Awards, diselenggarakan oleh majalah Top Business (yang diterbitkan PT Madani Solusi Internasional), bekerjasama dengan Institut Otonomi Daerah (i-OTDA) dan beberapa Lembaga, Asosiasi dan Konsultan Bisnis, seperti LKN (Lembaga Kajian Nawacita), SGL Management, PPM Manajemen, Sinergi Daya Prima, Dwika Consulting, Melani K Harriman & Associate, dan Solusi Kinerja Bisnis, serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis – Universitas Padjadjaran Bandung.

Dimana seluruh penilaian ini melibatkan Dewan Juri sekitar 10 Profesor, beberapa Doktor, serta para Praktisi dan Konsultan Bisnis. Kegiatan TOP BUMD Awards tahun 2021, diikuti oleh 200 Nominasi BUMD Terbaik, yang sebelumnya sudah diseleksi dari 1.150 BUMD di seluruh Indonesia.

Termasuk Perumda Tirta Kanjuruhan, yang kembali mengikuti kegiatan corporate rating tersebut, dengan menyajikan keberhasilan-keberhasilan perusahaan. Keberhasilan yang dilakukan Perumda Tirta Kanjuruhan meliputi:

1. Pencapaian target kontrak kinerja pendapatan, jumlah pelanggan, kehilangan air dan opini audit Direksi Periode 2019-2024 dengan Bupati Malang
2. Pencapaian target Visi “Menjadi Perumda Terbaik Di Jawa Timur Tahun 2024”.
3. Kontribusi Perumda kepada Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah maupun Masyarakat.
4. Inovasi-inovasi Perumda untuk mendukung keberhasilan Perumda.
5. Prestasi Perumda yang dapat digunakan sebagai Benchmark bagi PDAM lain.

Meliputi yaitu :
Kinerja BUMD Air Minum Terbaik di Jawa Timur sekaligus Peringkat 3 Tingkat Nasional untuk kategori pelanggan diatas 100.000 SR, di Masa Pandemi. Serta, Best Practice Program Hibah Air Minum Perkotaan Tahun 2021.

Direktur Utama Perumda Tirta Kanjuruhan, H. Syamsul Hadi, mendapatkan kesempatan untuk mempresentasikan keberhasilannya pada tanggal 2 Juli 2021 secara daring di hadapan 7 orang Dewan Juri.

Mereka yakni Prof. Dr. Satya Arinanto, S.H., M.H. selaku Dewan Pendiri i-OTDA. Prof. Dr. H. M. Wahyudin Zarkasyi., CPA selaku Guru Besar Universitas Padjajaran Bandung. Ir. Agung Mulyana S, M.Sc selaku Dewan Pakar i-OTDA (Mantan Dirjen PUM Kemendagri).

M. Lutfi Handayani, MM., MBA, selaku CEO & Pemimpin Redaksi TopBusiness. Sri Nitiswati dari Pengurus Lembaga Kajian NawaCita (LKN).

Sigit Andjar dari Tim Ahli Kementerian PUPR RI – LKN. Serta, Dwinda Ruslan, dari PAKEM (Yayasan Pengembangan Keuangan Mikro).

Dari penilaian dan pendalaman oleh Dewan Juri, dan ditayangkan secara life melalui channel youtube dengan
linkhttp://www.youtube.com/watch?v=2ApozllaLXs tersebut, Perumda Tirta Kanjuruhan mendapatkan 4 penghargaan TOP BUMD Awards sekaligus, yaitu :

1. TOP of the TOP BUMD 2021, Perumda Air Minum Tirta Kanjuruhan.
2. TOP Pembina BUMD 2021, Drs. HM Sanusi. MM, Bupati Malang.
3. TOP BUMD Awards 2021, BUMD Perumda Air Minum # Bintang 5 Perumda Air Minum Tirta Kanjuruhan.
4. TOP CEO BUMD 2021, Syamsul Hadi, s.Sos. MM, Direktur Utama Perumda Tirta Kanjuruhan.

“Keberhasilan tersebut merupakan buah dari kerja keras dan kerjasama dari seluruh pegawai Perumda, serta dukungan dari seluruh stakeholder, mulai dari Dewan Pengawas, DPRD, Masyarakat, dan semua pihak terkait lainnya. Dan yang sangat penting adalah Komitmen dari Bapak Bupati Malang dalam memberikan dukungan dalam bentuk Penyertaan Modal Pemerintah Daerah kepada Perumda Tirta Kanjuruhan,” tegas Syamsul Hadi, Direktur Utama Perumda Tirta Kanjuruhan, Selasa (6/7/2021).

Syamsul mengatakan, diharapkan, keberhasilan Perumda Tirta Kanjuruhan tersebut dapat menjadi rujukan atau
Benchmarking bagi PDA maupun Perumda lain, sehingga dapat bermanfaat untuk direplikasi. “Keberhasilan ini kerja keras kita semua. Semoga kedepannya Perumda Tirta Kanjuruhan ke depan semakin baik lagi,” Syamsul mengakhiri. (yog/kun)


Apa Reaksi Anda?

Komentar