Politik Pemerintahan

Pemkab Malang Studi Banding Tanam Sawit ke Sumatera

Sekda Kabupaten Malang, Wahyu Hidayat.

Malang (beritajatim.com) – Rencana pembangunan pabrik Kelapa Sawit di Malang Selatan sudah ditindaklanjuti dengan studi banding ke sejumlah daerah yang menanam tanaman kelapa sawit. Salah satunya, ke Pulau Sumatera.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malang, Wahyu Hidayat mengaku, usai disarankan oleh Deputi di Kementerian Koordinator Perekonomian untuk memaksimalkan potensi lahan di Kabupaten Malang, Pemkab Malang melakukan study banding ke Sumatera untuk mempelajari tanaman kelapa sawit berikut pabrik sawit yang ada di daerah itu.

“Iya Deputi menyarankan apabila ada potensi salah satunya sawit, kita sudah study banding ke Sumatera, ” ungkap Wahyu Hidayat, Kamis (4/3/2021).

Kata Wahyu, areal lahan di Kabupaten Malang memang bisa ditanami tanaman kelapa sawit. Sehingga, diminta untuk dikembangkan. Apalagi, saat Video Converence (Vidcon) dengan Kementerian dibolehkan untuk tanaman Sawit di Kabupaten Malang.

“Kembali lagi kalau lahan kita bisa untuk sawit, kita diminta untuk mengembangkan Perrmentannya boleh dari Deputi kemaren saat Vidcon, ” urainya.

Disinggung pengaruh pada produksi gula di Kabupaten Malang nantinya? Wahyu akan mengkaji lebih detail. Ia menegaskan, ada lahan yang bisa digunakan untuk tanaman sawit di Kabupaten Malang.

“Kalau memang pengaruh ke produksi gula karena di sini banyak tanaman tebu kita akan kaji lagi. Yang jelas kita lahan siap untuk sawit, luasannya seperti yang disampaikan pak Bupati, ” papar Wahyu.

Dikabarkan ebelumnya, pabrik sawit akan dibangun di wilayah Malang Selatan pada masa Pemerintahan Bupati Malang HM Sanusi Periode 2021-2024. Pabrik sawit itu nantinya, diharapkan berdampak signifikan pada penambahan pendapatan masyarakat Malang Selatan.

Saat ini, potensi lahan yang bisa ditanami tanaman sawit sebanyak 60 ribu hektar. Dari total tanah kering atau tanah non sawah seluas 105 ribu hektare, hanya 40 ribu hektare yang ditanami tanaman tebu. [yog/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar