Politik Pemerintahan

Kotak Suara Tiga Kecamatan Kepulauan Jauh Belum Masuk KPU

Sumenep (beritajatim.com) – Rekapitulasi hasil penghitungan suara di tingkat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep masih menunggu masuknya logistik pemilu berupa kotak suara dari tiga kecamatan kepulauan jauh.

Tiga kecamatan kepulauan yang kotak suaranya belum tiba di KPU adalah Kecamatan/ Pulau Masalembu, Kecamatan Arjasa dan Kecamatan Kangayan, Pulau Kangean.

“Proses rekapitulasi hanya menyisakan empat kecamatan, yakni Sapeken, Masalembu, Arjasa, dan Kangayan. Dari empat kecamatan itu, yang logistiknya sudah masuk ke KPU baru Kecamatan Sapeken. Kami terima logistiknya kemarin sore,” kata Komisioner KPU Sumenep, Malik Mustafa, Jumat (03/05/2019).

Namun ia optimis, seluruh logistik dari tiga kecamatan yang belum masuk itu akan tiba di KPU pada hari ini juga. Dengan demikian, proses rekapitulasi penghitungan perolehan suara akan bisa dituntaskan hari ini.

“Untuk logistik Kecamatan Masalembu siang ini tiba di KPU. Sedangkan untuk Kecamatan Arjasa dan Kangayan, logistik akan tiba di KPU sore nanti,” paparnya.

Kabupaten Sumenep terdiri dari 27 kecamatan. 9 kecamatan diantaranya merupakan kecamatan kepulauan. Untuk kepulauan jauh seperti Masalembu, Sapeken, dan Kangean, dibutuhkan waktu tempuh lebih dari 10 jam perjalanan laut dari Pelabuhan Kalianget dalam kondisi cuaca normal.

“Jadi rekapitulasi kami lakukan terlebih dahulu untuk Kecamatan Sapeken, kemudian Masalembu. Untuk Arjasa dan Kangayan, rekapitulasi akan kami lakukan nanti malam setelah kotak suara tiba di KPU,” terang Malik. (tem/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar