Politik Pemerintahan

Golkar Optimis Jokowi Menang di Dapil Jatim 1

Presiden Jokowi saat menghadiri bersilaturahmi dengan pengemudi daring di Hall A2 dan A3 JI-Expo Kemayoran, Jakarta, pada Sabtu, 12 Januari 2019.

Surabaya (beritajatim.com) – Capres pasangan Jokowi-Ma’ruf di Surabaya dan Sidoarjo optimis memperoleh suara sebanyak 70 persen. Optimisme ini diperoleh dari hasil survei internal partai Golkar untuk dapil satu DPR RI Jawa Timur

Adies Kadir Caleg DPR RI Partai Golkar menegaskan, dari hasil survey terakhir menunjukkan perolehan suara Jokowi-Ma’ruf sebesar 74,2 persen dan Prabowo-Sandi 16 persen serta belum menentukan pilihan sebesar 9,3 persen.

Survey internal yang dilakukan di Surabaya – Sidoarjo ini menurut Adies menggunakan metodologi multistage random sampling dengan margin of error 3.2 persen serta 1.000 responden ini menegaskan bahwa suara Paslon 01 sangat solid.

Berdasarkan survei ini Adies menilai bahwa kekuatan Partai Nasionalis dan Partai yang diidentikkan dengan Islam kultural menjadi penyumbang suara solid terhadap pasangan 01.

Partai Golkar sendiri berada di tiga besar penyumbang suara terbanyak terhadap kemenangan Jokowi – Ma’ruf Amien selain PDI Perjuangan dan PKB.

Formasi Caleg dari Parpol pengusung baik DPR RI, Propinsi serta Kab. kota menjadi variabel utama penggerak soliditas suara Jokowi – Ma’ruf di Surabaya dan Sidoarjo. Selain tentunya dukungan elemen relawan dari berbagai kelompok menambah solid dukungan terhadap Jokowi – Ma’ruf.

“Masyarakat kota Surabaya dan Sidoarjo merupakan kelompok pemilih rational choice yang memiliki kecenderungan melakukan filterisasi terhadap konten kampanye, mana yang hoax atau fakta,” kata Adies Kadir yang saat ini masih menjabat sebagai Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar.

Adies Kadir menambahkan, jika tipologi masyarakat Surabaya-Sidoarjo cenderung rational choice memudahkan kampanye semua visi misi dan program Jokowi Ma’ruf.

“Surabaya jumlah pemilihnya 2.118.843 sedangkan Sidoarjo 1.394.483, artinya 74,2 persen sumbangan suara solid terhadap kemenangan Jokowi – Ma’ruf di Jawa Timur sangat signifikan,” tutupnya.[ifw/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar