Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Dipimpin Anak Muda, Elektabilitas Partai Golkar Sidoarjo Terdongkrak

Survei elektabilitas Golkar (Foto:M. Ismail/beritajatim.com)

Sidoarjo (beritajatim.com) – Elektabilitas Partai Golkar di Kabupaten Sidoarjo mengalami kenaikan. Demikian pula, elektabilitas Ketua DPD Golkar Sidoarjo Adam Rusydi turut terdongkrak.

Data tersebut dirilis lembaga survei Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI). Lembaga ini menggelar survei untuk mengukur elektabilitas partai politik jelang Pemilu 2024.

“Ketua DPD Partai Golkar Adam Rusydi terekam populer di responden. Elektabilitas Adam Rusydi berada di nomor 4 dengan presentase 9,7 persen sebagai Calon Wakil Bupati Sidoarjo,” kata Direktur ARCI, Baihaki Sirajt saat paparan survei di Sidoarjo, ditulis Kamis (19/5/2022).

Baihaki menambahkan hasil survei ARCI menyebutkan pada Januari 2022 kemarin, elektabilitas Golkar berada di angka 10,1 persen.  Sedangkan di survei terbaru ARCI, elektabilitas Golkar pada April naik di angka 10,6 persen.

“Kepemimpinan Adam Rusydi yang dikenal sebagai politisi muda, ikut mengangkat elektabilias Golkar di Sidoarjo,” imbuh Baihaki.

Masih kata Baihaki elektabilitas Partai Golkar menempel ketat PDI Perjuangan dan Partai Gerindra di Kabupaten Sidoarjo. Sementara untuk elektabilitas Adam Rusydi berada di no 4 menempel ketat H. Subandi di no 1 dan Sullamul Hadi Nurmawan di peringkat 2 dan Mimik Idayana di no 3 dari Fraksi Gerindra.

Ketua DPD Partai Golkar Sidoarjo Adam Rusydi

“Fenomena terekamnya Ketua DPD Golkar Sidoarjo dan Partai Golkar ini bisa jadi akan menaikkan perolehan kursi di DPRD Sidoarjo pada Pemilu 2024 mendatang. Tak hanya itu, melihat elektabilitas ini bisa jadi Golkar Sidoarjo akan menyodorkan nama wakil bupati dari partai tersebut saat konstestasi Pilkada Sidoarjo 2024 mendatang,” paparnya.

Salah satu faktor meningkatnya elektabilitas Partai Golkar di Sidoarjo karena dukungan dari kaum muda atau milenial.

“Apalagi faktor Ketua DPD Golkar Sidoarjo yang masih muda, merepresentasi kalangan millenial. Jika elektabilitas ini dipertahankan dengan kerja keras pengurus partai, maka di pemilu 2024 ada penambahan kursi Partai Golkar di DPRD Sidoarjo,” jelas Baihaki.

Lebih jauh, lanjut Baihaki, survey ARCI dilakukan pada 11-25 April 2022, dengan jumlah responden proporsional.

“Survei ini menggunakan multistage random sampling dengan jumlah 400 responden dengan margin of error kurang lebih 5 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Quality Control terhadap hasil wawancara dilakukan secara random sebersar 20 persen, sampel didatangi kembali oleh supervisor (spot chek) dalam kualiti kontrol dan tidak di temukan kesalah yang berarti. Wawancara dilakukan dilapangan tanggal 11 April hingga 25 April 2022,” urainya.

Berikut rilis hasil surveI ARCI terkait nama nama sebagai Calon Wakil Bupati Sidoarjo yang disodorkan keresponden.

1. H Subandi : 27,8 persen

2. Sallamul Hadi Nurmawan : 16,5 persen

3. Adam Rusydi : 9,7 persen

4. Samsul Hadi : 9,4 persen

5. Mimik Idayana : 11,9 persen

6. Zahlul Yussar : 4,3 persen

Lainnya : 10,1 persen

Tidak Tahu/Tidak Menjawab : 10,3 persen. (isa/beq)


Apa Reaksi Anda?

Komentar