Politik Pemerintahan

Bupati Jember Faida Copot Sekda Mirfano

Jember (beritajatim.com) – Mirfano, Sekretaris Daerah Kabupaten Jember, Jawa Timur, dicopot dari posisinya oleh Bupati Faida. Dalam Surat Keputusan Bupati Jember Nomor: X.826/01/414/2020 tanggal 28 Desember 2020, dia dibebaskan sementara dari jabatan sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Jember karena dugaan pelanggaran disiplin yang ancaman hukumannya berupa disiplin tingkat berat.

Dalam surat bupati itu disebutkan, sejumlah tautan berita pernyataan Mirfano yang dikutip sejumlah media massa. Mirfano kepada media massa memang mengumumkan surat dari Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian yang melarang adanya mutasi atau pergantian pejabat, hingga calon bupati terpilih dilantik.

Keputusan ini membuat Mirfano keberatan. Dalam surat resminya kepada Bupati Faida, Mirfano menyatakan, surat keputusan a quo sama sekali tidak dilakukan proses konsultasi atau rekomendasi atau tanpa melibatkan Gubernur Jawa Timur selaku wakil pemerintahan.

Mirfano juga merasa sebelum Surat Keputusan Bupati Jember Nomor: X.826/01/414/2020 tanggal 28 Desember 2020 terbit, tidak pernah ditegur secara lisan maupun tertulis. Dia juga tidak pernah diperiksa oleh Inspektorat Kabupaten Jember maupun oleh Inspektorat Provinsi Jawa Timur yang dituangkan dalam Berita Acara Pemeriksaan.

Mirfano menyewa kuasa hukum Achmad Cholily untuk melayangkan keberatan terhadap surat Bupati Faida. “Wawancara dengan kuasa hukum saya saja,” katanya, Senin (11/1/2020).

Mirfano tak sendirian. Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Kabupaten Jember Ruslan Abdulgani, Kepala Sub Bagian Kelembagaan dan Anjab pada Bagian Organisasi Kabupaten Indah Dwi Joeniastoeti, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Jember Eko Heru Sunarso, Kepala Bagian Hukum Ratno Cahyadi Sembodo juga menggunakan jasa Cholily untuk melayangkan kebeteran atas pencopotan jabatan mereka.

Bupati Faida belum memberikan pernyataan resmi apapun terkait gonjang-ganjing di tubuh Pemkab Jember ini. [wir/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar