Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

14 Seniman Reog Ponorogo Bakal Tampil di Eropa

14 seniman Reog berfoto bersama dengan Bupati Sugiri Sancoko sebelum berangkat ke Eropa. (Foto/Kominfo Ponorogo)

Ponorogo (berijatim.com) – Reog Ponorogo bakal dikenal seantero jagad. Bagaimana tidak, baru-baru ini sebanyak 14 seniman asal Ponorogo akan unjuk kebolehan menarikan kesenian reog di beberapa negara di benua Eropa.

Sebanyak 14 seniman yang merupakan perwakilan dari sejumlah sanggar tari yang ada di Ponorogo, akan melakukan misi kebudayaan ke negara Belanda, Belgia, Jerman, dan Prancis.

“Reog Ponorogo bakal beraksi di beberapa negara di benua Eropa. Mulai kemarin kita berangkatkan kesana,” kata Bupati Sugiri Sancoko, Rabu (7/9/2022).

Dengan tampilnya Reog Ponorogo di 4 negara Eropa itu, menurut Bupati Sugiri semakin menasbihkan kesenian asli Ponorogo itu, layak sebagai warisan budaya tak benda yang terdaftar di UNESCO.

Dalam lawatannya ke benua biru itu, 14 seniman tersebut tidak didampingi oleh pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ponorogo. Sebab, menurut Kang Giri sapaannya apa yang dilakukan seniman untuk unjuk gigi di Eropa ini merupakan murni pekerjaan seni. Sehingga dirinya maupun pejabat lain juga tidak ikut mendampingi.

“Dari dulu Reog Ponorogo sudah sering diundang ke event International. Kali ini rombongan seniman tidak didampingi oleh pejabat,” katanya.

Baca Juga:

    Para seniman yang berangkat ke Eropa ini, bukan seniman sembarangan. Mereka dipilih karena memiliki keahlian lebih dibandingkan seniman reog kebanyakan. Mereka yang dipilih ini, mampu menarikan berbagai tokoh kesenian reog sekaligus memainkan alat musiknya.

    “Untuk mengharumkan nama Ponorogo, ya dipilih seniman yang multitalenta,” ungkapnya.

    Selain membawa misi kesenian supaya lebih dikenal di Eropa, para pegiat seni ini juga akan memamerkan beragam produk asli Ponorogo. Mulai dari berbagai kerajinan hingga batik khas Ponorogo.

    “Jadi pameran produk ini juga dilakukan saat ada pementasan Reog Ponorogo singgah ke beberapa negara di Eropa,” pungkasnya. (end/ted)


    Apa Reaksi Anda?

    Komentar

    beritajatim TV

    Shin Tae Yong Puji Rumput Lapangan Thor Surabaya

    Menjajal Mobil Listrik Wuling Air ev