Peristiwa

Viral Kampung Miliader di Tuban, Warga Borong Belasan Mobil dari Gresik

Viral Kedatangan sejumlah mobil di Desa Sumurgeneng, Kecamatan Jenu, Tuban.

Tuban (beritajatim.com) – Sejak dua hari terakhir beredar video viral di media sosial kedatangan sejumlah mobil pribadi yang diangkut menggunakan kendaraan Towing dan dikawal pihak kepolisian yang dipesan warga Dusun Pomahan, Desa Sumurgeneng, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban.

Datangnya belasan mobil yang baru dibeli bersamaan itu direkam warga desa setempat dan diposting di media sosial hingga menjadi viral. Mereka yang membeli mobil-mobil pribadi itu adalah warga yang telah menerima pembayaran uang pembebasan lahan untuk Kilang Minyak GRR Tuban.

Informasi yang dihimpun beritajatim.com, video viral datangnya belasan mobil pribadi di Desa Sumurgeneng, Kecamatan Jenu, Tuban itu direkam pada hari Minggu kemarin. Dalam video tersebut terdapat sejumlah kendaraan towing mengangkut mobil pribadi berbagai jenis sepeti Innova dan jenis lainnya yang masuk ke jalan kecil di desa tersebut dengan dikawal satu kendaraan PJR Polda Jatim.

“Pemecah rekor lur gonku. Ah penlok kok dilawan,” salah satu suara dari warga yang merekam video datangnya sejumlah mobil di Desa Sumurgeneng, Kecamatan Jenu, Tuban.

Adapun, untuk sebagian warga Desa Sumurgeneng, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban itu sendiri saat ini sudah menjadi miliader baru setelah adanya pembebasan lahan untuk proyek Kilang Minyak Tuban. Sehingga mereka para warga yang terkena pembebasan lahan itu sebagian uangnya digunakan untuk membeli mobil, bahkan satu warga bisa membeli langsung lebih dari satu mobil.

“Memang betul terkait video warga yang ramai-ramai beli mobil baru itu warga desa sini (Desa Sumurgeneng). Kabarnya kemarin datang lagi dari Gresik, kalau tidak salah jumlahnya ada 17,” terang Gihanto, Kepala Desa Sumurgeneng, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Selasa (16/2/2021).

Kades tersebut memaparkan, bahwa warga yang membeli mobil secara bersama-sama itu adalah dari kelompok warga yang baru menerima pembayaran pembebasan lahan untuk proyek Pertamina proyek Grass Root Refinery (GRR) pada tahap ketiga. Sehingga mereka bersama-sama juga membeli mobil.

Kepala Desa Sumurgeneng, Kecamatan Jenu, Tuban saat diwawancarai sejumlah wartawan di rumahnya.

“Itu memang sama temen-temannya atau kelompoknya itu pencarian yang terakhir yang lewat konsinyasi. Mereka kemudian rencana untuk beli mobil juga bersamaan,” sambungnya.

Sementara itu, untuk kawasan Desa Sumurgeneng, Kecamatan Jenu sendiri saat ini disebut-sebut sebagai kampung miliader baru di Tuban. Pasalnya, dari pembebasan lahan untuk kilang minyak itu rata-rata warga yang mendapatkan uang pembesan itu sebesar Rp 8 miliar.

“Untuk warga asli sini yang paling banyak itu mendapatkan sebesar 26 miliar rupiah. Ini kita juga tidak nyangka (bisa jadi kampung miliader), karena memang dulunya warga sini itu petani tulen dan ternyata ada pembebasan untuk lahan yang dinilai setelah dinilai apresial yang banyak milik warga Sumurgeneng,” papat Gihanto.[mut/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar